Breaking News:

Bank Indonesia Ajak Masyarakat Cinta dan Bangga dengan Rupiah

Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kepulauan Riau menyelenggarakan webinar “Bahanakan Cinta, Bangga dan Paham Rupiah di Kepri (Bahari Kepri)”.

ISTIMEWA
Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kepulauan Riau menyelenggarakan webinar“Bahanakan Cinta, Bangga dan Paham Rupiah di Kepri (Bahari Kepri)”. 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Sesuai amanat Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2011 tentang Mata Uang yang menyatakan bahwa Rupiah merupakan salah satu simbol kedaulatan negara yang harus dihormati dan dibanggakan oleh seluruh Warga Negara Indonesia (WNI).

Rupiah merupakan satusatunya alat pembayaran yang sah di Indonesia.

Sejalan dengan perkembangan teknologi, saat ini Rupiah tidak hanya ditransaksikan secara tunai, melainkan juga non tunai melalui berbagai instrumen seperti kartu debit, kartu kredit, uang elektronik, maupun kanal pembayaran elektronik berupa mesin EDC (Electronic Data Capture) dan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS).

Namun demikian, sebagian besar masyarakat Indonesia belum dapat dipisahkan dari penggunaan uang tunai Rupiah.

Di sisi lain, kesadaran masyarakat dalam memperlakukan dan memandang uang Rupiah belum cukup baik.

Hal tersebut tercermin dari masih adanya masyarakat yang belum merawat dengan baik uang rupiah, bahkan ada yang melipat, meremas, mencoret, men-stapler, dan membasahi uang.

Untuk mendorong masyarakat agar dapat menggunakan Rupiah dengan baik dan benar maka Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kepulauan Riau menyelenggarakan webinar“Bahanakan Cinta, Bangga dan Paham Rupiah di Kepri (Bahari Kepri)”.

Kegiatan ini merupakan agenda nasional Bank Indonesia untuk memberikan edukasi tentang Rupiah kepada masyarakat luas sebagai satu-satunya alat pembayaran yang sah (legal tender) di NKRI.

Kegiatan Bahari Kepri tahun 2021 dilaksanakan sebagai rangkaian dari peringatan Hari Pahlawan bulan November 2021.

Sikap Cinta, Bangga dan Paham akan Rupiah merupakan salah satu hal sederhana yang dapat dilakukan oleh masyarakat untuk menunjukkan semangat bela negara sebagaimana telah ditunjukkan oleh para pahlawan kemerdekaan RI terdahulu. Rupiah adalah lambang kedaulatan negara dan wujud kemandirian bangsa Indonesia.

Setiap lembar Rupiah, mengandung identitas dan karakteristik sebagai Bangsa Indonesia yang harus dijaga, dilestarikan dan menjadi kebanggaan.

Pelaksanaan Bahari Kepri 2021 bertujuan untuk mengedukasi masyarakat luas tentang Rupiah sehingga memiliki pemahaman yang baik terhadap desain dan ciri-ciri keaslian uang rupiah, merawat dan dapat mengelola uang dengan bijak.

Oleh karena itu, masyarakat diharapkan dapat menyaksikan kegiatan tersebut. Dalam acara tersebut, Gubernur Provinsi Kepulauan Riau dan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kepulauan Riau akan memberikan keynote speech serta menghadirkan narasumber dari Departemen Pengelolaan Uang Kantor Pusat Bank Indonesia.

Acara juga dimeriahkan dengan drama musikal melayu ditambah dengan keseruan duet stand upcomedy Hifdzi Khoir dan Rahmet Ababil, lulusan ajang pencarian bakat SUCI. Sepanjang acara diselingi dengan pengundian lucky draw, kuis dan cindera mata bagi peserta yang beruntung. (*)

Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved