Breaking News:

KARIMUN TERKINI

Kementerian PUPR Kucurkan Dana Rp 19 M, Perluas TPA Karimun yang Over Kapasitas

TPA Sememal di Karimun diperluas lantaran sudah over kapasitas. Perluasan TPA itu bersumber dari dana APBN Kementerian PUPR senilai Rp 19 miliar

Penulis: Yeni Hartati | Editor: Dewi Haryati
TRIBUNBATAM.ID/istimewa
Kementerian PUPR Kucurkan Dana Rp 19 M, Perluas TPA Karimun yang Over Kapasitas. Foto Bupati Karimun Aunur Rafiq saat berada di lokasi Tempat Pembuangan Akhir di Sememal Pasir Panjang, yang telah diperluas menggunakan dana APBN dari Kementerian PUPR 

KARIMUN, TRIBUNBATAM.id - Kabupaten Karimun kini memiliki Tempat Pembuangan Akhir (TPA) yang lebih luas. Luasannya mencapai 94.413 meter persegi.

TPA dengan sistem sanitary landfill itu, dibangun menggunakan APBN 2021 senilai Rp 19 miliar melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR.

Pembebasan lahan ini telah dilakukan sejak 2019 lalu. Di antaranya untuk pembangunan penampungan dan pengelolaan sampah, yakni seluas 64.413 meter persegi.

Bupati Karimun Aunur Rafiq mengatakan, pembebasan lahan menjadi salah satu Readiness Criteria (RC), dalam mengajukan permohonan pembangunan peningkatan TPA Sememal melalui dana APBN.

"Alhamdulillah pada tahun 2021 ini melalui BPPW Kepulauan Riau pembangunan peningkatan TPA Sememal terlaksana dan terwujud dengan menggunakan dana APBN senilai Rp 19 miliar," ucap Rafiq, baru-baru ini.

Perluasan dilakukan, mengingat kondisi TPA di empat kecamatan di Pulau Karimun Besar sudah tidak sanggup lagi atau over kapasitas.

Setiap tahun, jumlah kapasitas sampah diketahui bertambah, seiring dbertambahnya jumlah penduduk dan pendatang di Pulau Karimun Besar.

Baca juga: CEK 14 Lokasi Vaksinasi Covid-19 Khusus Warga yang Belum Vaksin Dosis 1 dan 2 di Kabupaten Karimun

Baca juga: Dua Kelompok Nelayan di Karimun Dapat Bantuan 20 Unit Sampan dari Pemkab

"Dengan telah terlaksananya pembangunan peningkatan TPA Sememal, maka untuk pengelolaannya menjadi tanggungjawab Pemerintah Kabupaten Karimun," ujar Rafiq.

Dalam hal ini akan dioperasikan Dinas Lingkungan Hidup.

Selain itu, pengelolaan sampah juga harus dilakukan oleh tenaga yang mumpuni dan dapat dioperasionalkan dengan optimal.

Halaman
12
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved