Breaking News:

KEPRI TERKINI

Bank Indonesia Catat Kredit Korporasi Kepri Melambat, Kredit Rumah Tangga Naik

Bank Indonesia mengumumkan perkembangan perbankan Provinsi Kepri selama September 2021.

TribunBatam.id/Rebekha Ashari Diana Putri
Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kepri, Musni H. (tengah) bersama Kepala Kantor OJK Provinsi Kepri, Rony Ukurta Barus (kanan) saat menghadiri kegiatan Insurance Day 2021 oleh AAUI Batam di Hotel Aston Batam. 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Bank Indonesia mencatat angka kredit korporasi di Kepri pada September 2021 sebesar Rp 27,99 triliun atau tumbuh sebesar 5,11 persen (yoy).

Angka ini cenderung melambat dibanding Agustus 2021 yang tumbuh sebesar 5,30 persen (yoy).

Kondisi ini diakui Kepala Kantor Perwakilan BI Provinsi Kepulauan Riau, Musni H. K. Atmadja sejalan dengan perlambatan kredit pada 4 sektor lapangan utama pada September 2021.

Beberapa indikator perbankan Kepri diukur berdasarkan lapangan usaha utamanya.

Seperti perdagangan, konstruksi dan pertambangan penggalian kembali melambat sejalan pelambatan ekonomi akibat dampak PPKM.

Sedangkan kredit lapangan udaha industri pengolahan menguat dari triwulan sebelumnya yang didorong oleh ekspor yang tumbuh menguat.

Baca juga: Kepala Perwakilan Bank Indonesia Kepri Optimis Perekonomian Domestik Akan Membaik

Baca juga: Bank Indonesia Catat 871 Lembar Uang Palsu Beredar di Kepri Sepanjang 2021

"Untuk Stabilitas Sistem Keuangan (SSK) sektor Korporasi pada September 2021 masih terjaga tercermin dari indikator perbankan yang tumbuh didukung risiko kredit yang terkendali. Namun, dampak ketidakpastian ekonomi akibat penyebaran COVID-19 perlu diwaspadai terutama pada risiko kredit," ujarnya dalam kegiatan Insurance Day 2021 di Hotel Aston Batam,

Berdasarkan lapangan usahanya, kredit segmen korporasi paling besar disalurkan pada lapangan usaha industri pengolahan dengan pangsa 12,87 persen.

Diikuti oleh Perdagangan Besar dan Eceran 11,61 persen, dan Transportasi, Pergudangan dan Komunikasi 7,04 persen persen.

Sedangkan kredit rumah tangga pada September 2021 tercatat sebesar Rp 19,12 triliun atau tumbuh sebesar 2,49 persen (yoy), meningkat dibandingkan Agustus 2021 yang tumbuh sebesar 1,74 persen (yoy)

Halaman
123
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved