Breaking News:

Istri Kombes Kalah Perkara Kisah Tagih Utang Rp 70 Juta, Febi: Uangnya Belum Dibayar

Mahkamah Agung (MA) akhirnya bersikap terkait perkara pencemaran nama baik terkait utang yang melibatkan istri Kombes dengan Febi Nur Amelia.

TribunBatam.id/Istimewa via TribunMedan.com/ALIF ALQADRI HARAHAP
Istri Kombes yang menjadi saksi korban, Fitriani Manurung, memberikan keterangan di PN Medan, Selasa (18/2/2020). Mahkamah Agung (MA) menolak kasasi JPU Kejati Sumut terkait perkaranya pencemaran nama baik terhadap Febi Nur Amelia terkait utang Rp 70 juta. 

MEDAN, TRIBUNBATAM.id - Masih ingat kasus Febi Nur Amelia dengan Fitriani Manurung, istri Komisaris Besar (Kombes) Polisi?

Kasus terkait utang piutang sebesar Rp 70 juta hingga viral di media sosial (medsos) pada Februari 2019 itu berproses hingga jalur hukum.

Itu bermula ketika Febi Nur Amelia mengunggah curahan hatinya (curhat) tentang uang RP 70 juta yang menurutnya dipinjam oleh istri Kombes, Fitriani Manurung.

Dalam insta story-nya, ia juga men-tag aku media sosial Fitriani Manurung.

Merasa nama baiknya tercemar, Fitriani Manurung istri Kombes lantas membuat laporan ka polisi hingga bergulir ke Pengadilan Negeri (PN) Medan.

Dalam putusan di PN Medan pada Selasa (6/10/2020), Majelis Hakim yang dipimpin Sri Wahyuni memvonis bebas kepada Febi Nur Amelia.

Baca juga: Jadi Tersangka Dituntut Jaksa 2 Tahun Penjara, Penagih Utang ke Istri Kombes Bebas: Alhamdulillah

Baca juga: Kisah Sedih di Balik Anak Gugat Ibu Kandung Rp 12 Miliar di PN Medan

Terdakwa Febi Nur Amelia pingsan dan terduduk di Ruang Cakra 5 PN Medan, Selasa (6/10/2020).
Terdakwa Febi Nur Amelia pingsan dan terduduk di Ruang Cakra 5 PN Medan, Selasa (6/10/2020). (TRIBUN MEDAN/ALIF ALQADRI HARAHAP)

Hanya saja Jaksa Penuntut Umum (JPU) Randi Tambunan menempuh jalur kasasi ke Mahkamah Agung (MA).

Jaksa Penuntut Umum sebelumnya menuntut Febi Nur Amelia dengan 2 tahun kurungan penjara.

Febi menurut JPU dianggap melanggar Pasal 45 ayat (3) jo Pasal 27 ayat (3) UU 19/2016 tentang Perubahan atas UU 11/2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

Febi diyakini terbukti mencemarkan nama baik Fitriani Manurung, istri Kombes polisi yang ngutang Rp 70 juta dan tak mau membayar utangnya.

Mahkamah Agung (MA) pun menolak kasasi yang diajukan JPU Kejati Sumut itu.

Dalam putusannya, hakim MA yang dipimpin Desnayeti dengan anggota masing - masing Soesilo dan Gazalba Saleh menyatakan Febi Nur Amelia bebas demi hukum.

"Menyatakan terdakwa Febi Nur Amelia tidak terbukti secara sah bersalah melakukan tindak pidana sebagaimana didakwakan dalam dakwaan Penuntut Umum. Membebaskan terdakwa oleh karena itu dari dakwaan Penuntut Umum. Memulihkan hak-hak terdakwa dalam kemampuan, kedudukan, harkat serta martabatnya," bunyi amar majelis kasasi yang dilansir website MA seperti dikutip TribunMedan.com, Selasa (23/11/2021).

Keputusan MA ini jelas membuat Febi Nur Amelia berbapas lega.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved