Breaking News:

HUT ke-76 PGRI, Wali Kota Tanjungpinang: Peran Guru Tak Dapat Diganti Teknologi

Wali Kota Tanjungpinang Rahma sebut, peran guru tak dapat digantikan oleh teknologi saat menjadi pembina upacara HUT ke-76 PGRI

Penulis: Endra Kaputra | Editor: Dewi Haryati
tribunbatam.id/istimewa
Wali Kota Tanjungpinang, Rahma menjadi Pembina Upacara Bendera dalam rangka Peringatan Hari Guru Nasional dan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 PGRI Tahun 2021, yang diselenggarakan oleh Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kota Tanjungpinang di Lapangan Pamedan Ahmad Yani, Kamis (25/11/2021). 

TANJUNGPINANG, TRIBUNBATAM.id - Wali Kota Tanjungpinang, Rahma menjadi Pembina Upacara Bendera dalam rangka Peringatan Hari Guru Nasional dan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 PGRI Tahun 2021, Kamis (25/11/2021).

Kegiatan digelar oleh Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Tanjungpinang di Lapangan Pamedan Ahmad Yani.

Dalam amanatnya, Rahma membacakan sambutan Ketua Umum Pengurus Besar PGRI, Unifah Rosyidi.

Ia menyampaikan, bahwa 2021 ini telah memasuki tahun kedua dalam suasana pandemi covid-19. Penanganan pandemi covid-19 di tanah air, khususnya di Tanjungpinang sangat menggembirakan, sehingga memungkinkan sekolah kembali melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT).

Dengan kondisi tersebut, pembelajaran kembali dapat dilakukan secara luring maupun bauran dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan yang ditetapkan. Karena, tidak ingin sekolah menjadi klaster baru dalam penyebaran Covid-19, maka dari itu, keselamatan dan kesehatan anak didik, pendidik, dan tenaga kependidikan menjadi prioritas utama.

"Dengan kembali dibukanya sekolah diharapkan dapat menekan angka learning loss dan meminimalisir terjadinya last generation pada anak didik kita,” kata Rahma.

Selanjutnya, satu hal yang menjadi pembelajaran penting pasca covid, kata Rahma, adalah peran guru tidak dapat digantikan oleh teknologi.

Baca juga: Bawaslu Tanjungpinang Gandeng OKP Sukseskan Pemilu 2024

Baca juga: HUT ke-76 PGRI, Wawako Batam Minta Guru Siapkan SDM yang Berkualitas

Karena menurutnya, guru itu suri tauladan, kawan belajar, dan pemberi semangat ulung agar bara api anak didik tetap menyala untuk terus belajar meraih mimpi.

"Guru juga dituntut menjadi pembelajar sejati, sehingga kehadiran guru tetap relevan sepanjang waktu, termasuk ketika kita memasuki era masyarakat 5.0,” ucapnya.

Untuk itu, PGRI diharapkan menjadi rumah belajar dan rumah yang nyaman bagi semua anggotanya. PGRI adalah mitra strategi pemda dalam memajukan pendidikan dan menyelesaikan berbagai persoalan pendidikan dengan arif dan bijaksana agar tercapai sinergi yang optimal untuk mencapai pendidikan nasional bermutu untuk Indonesia, utamanya kota Tanjungpinang.

“Selamat HUT ke-76 PGRI dan HGN. Semoga dedikasi dan pengabdian kita menjadi suluh penerang bagi bangsa, negara, dan kemanusiaan. Bangkit guruku, maju negeriku, Indonesia tangguh, Indonesia tumbuh,” seru Rahma menutup sambutannya.

Acara juga dirangkai dengan penyerahan penghargaan kepada tokoh peduli pendidikan dan penyerahan hadiah kepada pemenang lomba HUT PGRI dan HGN 2021.

(*/Tribunbatam.id/endrakaputra)

Baca juga Berita Tribun Batam lainnya di Google

Berita tentang Tanjungpinang

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved