Breaking News:

Kepala BP Batam Gesa Pembangunan Infrastruktur Demi Tingkatkan Daya Saing Investasi

BP Batam di bawah kepemimpinan Muhammad Rudi fokus pada pembangunan infrastruktur dan pengembangan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam

Penulis: Hening Sekar Utami | Editor: Dewi Haryati
tribunbatam.id/istimewa Humas BP Batam
Kepala BP Batam, Muhammad Rudi memaparkan rencana pembangunan infrastruktur Kota Batam 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Pembangunan yang dijalankan Badan Pengusahaan (BP) Batam selama dua tahun terakhir ini berada di bawah komando Kepala BP Batam, Muhammad Rudi, yang juga sekaligus menjabat sebagai Wali Kota Batam.

Selama genap dua tahun, BP Batam di bawah kepemimpinan Muhammad Rudi berfokus pada pembangunan infrastruktur dan pengembangan Kewasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas (KPBPB) Batam.

Beberapa pembangunan infrastruktur yang telah digesa BP Batam saat ini adalah pembangunan dan pengembangan jalan arteri seperti Jalan Raja H. Fisabilillah dari Bundaran Madani menuju Bengkong, Jalan Yos Sudarso Batu Ampar, Jalan Gajah Mada Sekupang, serta jalan di sekitar kawasan industri Batam.

Beberapa titik jalan, seperti Jalan Gajah Mada Sekupang tengah dilebarkan hingga menjadi lima lajur lengkap dengan jalur khusus sepeda dan pejalan kaki.

Pelebaran jalan ini bertujuan untuk mengantisipasi kemacetan di sekitar wilayah Batam, sehingga mobilitas kendaraan-kendaraan industri dapat lebih leluasa dan lancar.

"Di depan kawasan Southlink sudah kami tambah jalur baru, truk dan alat berat bisa lewat jalur di situ, sehingga tidak bersinggungan dengan arus kendaraan lainnya," ungkap Rudi, Kamis (25/11/2021).

Secara keseluruhan, infrastruktur jalan yang sedang dibangun BP Batam saat ini meliputi 5 lajur Jalan RE Martadinata, Jalan Pelabuhan Batu Ampar, Jalan Simpang Kabil.

Baca juga: PT TDK Electronics Indonesia Gandeng BP Batam Tanam Pohon di Waduk Duriangkang

Baca juga: BP Batam Gelar Sosialisasi Kegiatan Penanaman Modal dan Online Single Submission Berbasis Risiko

Kemudian menata jalan Kawasan Batam Center, membangun Bundaran di kawasan Punggur, Bandara, dan Tembesi. Di samping itu ada pula pembangunan Jalan Hang Jebat 5 lajur dan Jalan Lingkar Tanjungpinggir.

Pelebaran jalan ini diharapkan dapat semakin meningkatkan aktivitas perindustrian dan perdagangan di Kota Batam.

Kemajuan industri ini didukung pula oleh pembangunan sumber daya energi dan air di Kota Batam, dengan jalan pelestarian waduk, pembangunan water treatment plan (WTP), dan bekerjasama dengan perusahaan seperti PT Toba Bara Energi dan Sunseap Group dalam membangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Terapung.

Halaman
123
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved