Breaking News:

BATAM TERKINI

Pemko Batam Mulai Kelola Arsip Daerah Pakai Aplikasi Srikandi

Pemerintah Kota (Pemko) Batam mulai mengaplikasikan sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (Srikandi). Apa istimewanya?

ISTIMEWA
Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin Hamid membuka bimbingan teknis tentang Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (Srikandi), Rabu (24/11/2021). 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Pemerintah Kota (Pemko) Batam mulai mengaplikasikan sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (Srikandi).

Dalam persiapannya, Pemko Batam pun menggelar kegiatan bimbingan teknis dan penerapan kebijakan penggunaan Srikandi di lingkungan pemerintahan.

Kegiatan ini diadakan di Aula Engku Hamidah Lantai IV Kantor Wali Kota Batam, Rabu (24/11/2021).

"Kami harap dapat menambah pengetahuan para pengelola arsip tentang sistem ini, dan peserta dapat menerapkan penggunaannya di tempat tugas masing-masing," ujar Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Batam, Jefridin Hamid, ketika membuka Bimtek.

Menurutnya, Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) sangat diperlukan untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, transparan dan akuntabel, serta meningkatkan kualitas pelayanan publik yang terpercaya.

Tata kelola dan manajemen SPBE secara nasional tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) RI Nomor 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

"Menindaklanjuti Perpres itu, Pemko Batam sudah menerbitkan Perwako Nomor 40 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan SPBE di lingkungan Pemko Batam," jelas Jefridin.

Perwako ini mengatur tentang SPBE yang mampu mengakselerasi pertumbuhan pembangunan sesuai dengan visi dan misi Kota Batam, salah satunya tentang pengembangan aplikasi umum untuk memberikan layanan SPBE yang mendukung kegiatan pemerintah.

Baca juga: HARGA Tiket dan Jadwal Pesawat dari Batam ke Berbagai Kota, Penerbangan Jumat (26/11/2021)

Sejalan dengan itu, telah diluncurkan aplikasi Srikandi yang merupakan perpaduan dari praktik kearsipan dan teknologi informasi dan komunikasi.

Harapannya dari aplikasi ini, proses administrasi tidak lagi terbatas pada jarak dan waktu.

Halaman
12
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved