Breaking News:

Guru yang Tak Kuasai Teknologi Akan Tergantikan, Dali: Kompetensi Guru Harus Ditingkatkan

Pakar Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta Dr. Harizal, M.Pd mengatakan guru harus meningkatkan kompetensi diri di era teknologi digital ini

Penulis: Mairi Nandarson | Editor: Mairi Nandarson
ISTIMEWA
Seminar Nasional Iluni UNP Kepri di Convention Centre SMKN 1 Batam, Sabtu (27/11/2021) 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Pakar Pendidikan dari Universitas Muhammadiyah Jakarta Dr. Harizal, M.Pd mengatakan tenaga pendidikan atau guru dituntut untuk terus meningkatkan kompetensi diri di tengah era teknologi informasi dan digital yang terus berkembang saat ini.

Menurut Harizal, guru harus mampu menguasai teknologi media, aplikasi pembelajaran, hingga bisa menghadirkan berbagai konten media pembalajaran yang cocok dengan perkembangan saat ini.

"Peran guru memang tidak pernah tergantikan teknologi, tapi bagi guru yang tidak menguasai teknologi, maka dirinya akan tergantikan," kata Dr Harizal M.P dalam Seminar Nasional Pendidikan yang berlangsung di Convention Centre SMKN 1 Batam, Sabtu (27/11/2021).

Seminar Nasional Pendidikan bertajuk Guru Unggul Menghadapi Digitalisasi Pendidikan dan Merdeka Belajar itu digelar Ikatan Alumni Universitas Negeri Padang (Iluni UNP) provinsi Kepri.

Seminar ini diikuti sekitar 300 peserta yang terdiri dari guru dari berbagai sekolah SD, SMK, MAN, SMA hingga guru SMK di Provinsi Kepulauan Riau.

Baca juga: Wilayah Batam Ini Layanan Air Bersihnya Bakal Terganggu Mulai Besok

Selain Dr Harizal M.P, tampil sebagai nara sumber dalam seminar nasional ini, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kepri Muhammad Dali, Direktur PT Vortex Energy Batam Drs Nadirman MM dan Dharmizon, SPd, MA CPHR dari kalangan dunia usaha.

Keempat nara sumber seminar ini merupakan lulusan UNP baik S1, S2 maupun S3 yang sukses di berbagai bidang.

Dosen Universitas Muhammadiyah Jakarta ini mengatakan, agar guru tidak tergantikan, maka guru harus menguasai teknologi khususnya yang berkaitan dengan bidang teknologi.

"Semua format dan konten pendidikan kini sudah beralih ke digital. Dengan teknologi ini, anak didik lebih mudah menguasai pembelajaran," katanya.

"Kemajuan teknologi ini bisa menjadi pendorong bagi kemajuan pendidikan," kata Harizal di hadapan ratusan guru di Batam.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved