Breaking News:

SINGAPURA Buka Pintu Bagi Wisatawan Luar Negeri, Begini Tanggapan Pengelola BRC Lagoi Bintan

Wacana pemberlakuan Vaccinated Travel Line (VTL) antara Singapura, Malaysia dan Indonesia semakin menguat belakangan ini.

Penulis: Thom Limahekin | Editor: Thom Limahekin
TRIBUNBATAM.id/Roma Uly Sianturi
PELABUHAN - Suasana di Pelabuhan Batam Center setelah Singapura mengizinkan WNI masuk ke negaranya dengan kriteria dan syarat tertentu. 

TRIBUNBATAM.id, KEPRI – Wacana pemberlakuan Vaccinated Travel Line (VTL) antara Singapura, Malaysia dan Indonesia semakin menguat belakangan ini. Singapura paling pertama menawarkan kebijakan tersebut.

Wacana itu mencuat ketika tren kasus Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di dalam negeri mulai melandai; begitulah juga dengan jumlah kasus di negeri jiran Singapura dan Malaysia.

Kebijakan pemberlakuan VTL di negeri Singa itu tentu berpengaruh terhadap pada Indonesia secara umum dan Provinsi Kepri secara khusus. Sebab, Kepri paling dekat dengan negara tetangga tersebut.

Duta Besar Indonesia Untuk Singapura, Suryopratomo mengatakan VTL itu sudah berlaku antara Indonesia dengan Singapura.

Namun, pintu keberangkatan dari Indonesia hanya terdapat di Bandara Soekarno-Hatta, Jakarta.

Baca juga: Perbatasan Singapura-Malaysia Dibuka Terbatas, Bahas Rencana VTL Jalur Laut

RETNO MARSUDI - Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi berkunjung ke Singapura, Selasa (16/11/2021) untuk membahas penguatan kerjasama bilateral, terkait skema VTL.
RETNO MARSUDI - Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi berkunjung ke Singapura, Selasa (16/11/2021) untuk membahas penguatan kerjasama bilateral, terkait skema VTL. (KOMPAS.COM)

“Untuk saat ini, Pemerintah Singapura baru membuka jalur penerbangan dari Jakarta ke Singapura,” ungkap Suryopratomo kepada Tribun Batam, pecan lalu.

Dia menjelaskan, pelaku perjalanan dari Indonesia mesti menjalani Tes Polymerase Chain Reaction (PCR) dengan hasil negatif sebelum melakukan penerbangan ke Singapura.

Di negara tujuan, mereka juga harus mengikuti Tes PCR lagi dengan hasil negatif.

“Kalau mereka sudah melalui itu maka mereka tidak dikarantina di Singapura,” sebut Suryopratomo.

Dia menegaskan, Pemerintah Singapura belum membuka perjalanan darat dari negara lain. Bahkan perjalanan darat dengan negara Malaysia pun belum dibuka hingga saat ini.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved