Breaking News:

BPJS Kesehatan Terapkan Pelayanan Prima dari Frontliner sampai Security.

Sebagai badan hukum publik yang memberikan pelayanan kepada peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS)

Ist
BPJS Kesehatan Terapkan Pelayanan Prima dari Frontliner sampai Security 

TRIBUNBATAM.id - Sebagai badan hukum publik yang memberikan pelayanan kepada peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), BPJS Kesehatan selalu menjadikan kepuasan peserta sebagai fokus utama.

Tidak hanya pelayanan kepada peserta di fasilitas kesehatan tapi juga pelayanan kepada peserta yang memperoleh layanan di kantor cabang.

Untuk memastikan setiap petugas di kantor cabang memberikan pelayanan prima kepada peserta, Nining Indira Khurokina selaku Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Batam mengaku pihaknya rutin melakukan monitoring dan evaluasi pelayanan prima bagi frontliner dan security.

“Misalnya seperti beberapa waktu yang lalu, kami melakukan evaluasi sekaligus mendatangkan narasumber untuk meningkatkan kompetensi petugas dalam menghadapi peserta bahkan melakukan handling complain dengan baik,”  kata Nining.

Selama ini, mungkin banyak yang menganggap bahwa pelayanan prima dapat dilihat dari performa frontliner padahal pelayanan yang diberikan security tidak kalah penting.

Dulu sebelum pandemi terjadi, security hanya berinteraksi dengan peserta ketika mengambil nomor antrian atau masuk dan keluar ruang pelayanan.

Namun kini ketika pelayanan di ruang pelayanan dibatasi, peserta yang akan memperoleh layanan lebih dahulu berinteraksi dengan security.

“Peserta akan ditanyakan keperluannya apa, lalu bagi peserta yang bisa melakukan pelayanan tanpa tatap muka akan diarahkan menggunakan aplikasi, jika security tidak dapat menyampaikan dengan baik, tentu peserta menjadi kurang puas,” kata Nining.

Nining mengatakan performa security merupakan salah satu indikator penilaian performa pelayanan prima selain service officer, frontliner, petugas Pemberi Informasi dan Penanganan Pengaduan (PIPP), serta sarana dan prasarana. Untuk itu ia akan memastikan setiap petugas memberikan pelayanan terbaik kepada peserta.

Nuraina, salah satu security BPJS Kesehatan Cabang Batam mengatakan bahwa memberikan pelayanan prima kepada peserta secara tidak langsung memberikan kepuasan kepada dirinya sendiri.

Untuk itu ia selalu menjadikan hal tersebut sebagai motivasi untuk memberikan pelayanan terbaik kepada peserta.

“Jika peserta puas atas pelayanan yang kami berikan, tentu ada kepuasan tersendiri bagi kami,”  kata Nur.

Satu-satunya security wanita yang bekerja di BPJS Kesehatan Cabang Batam ini mengatakan bahwa, untuk mendukung tugasnya dalam memberikan pelayanan BPJS Kesehatan rutin melakukan evaluasi. Baik itu pada saat morning briefing maupun evaluasi secara berkala.

“Selain evaluasi juga biasanya kami dinilai oleh seluruh pegawai, nantinya hasil survey akan disampaikan ke kami. Intinya banyak hal yang dilakukan oleh BPJS Kesehatan untuk meningkatkan kompetensi kami, yang tentu saja berguna ketika menghadapi peserta,”  kata Nur.   

Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved