Breaking News:

Kawasan Bintan Centre Bakal Dijadikan Pusat Kuliner di Tanjungpinang Tahun 2022

Kadis PUPR Tanjungpinang Zulhidayat menyebut, Pemko berencana membangun kawasan kuliner di seputaran Bintan Centre tahun depan. Ini merujuk RPJMD 2022

tribunbatam.id/Noven Simanjuntak
Kawasan Bintan Centre Bakal Dijadikan Pusat Kuliner di Tanjungpinang Tahun 2022. Foto Kepala Dinas PUPR Tanjungpinang, Zulhidayat 

TANJUNGPINANG, TRIBUNBATAM.id - Pemerintah Kota Tanjungpinang berencana membangun kawasan kuliner di seputaran wilayah Bintan Centre.

Rencana ini merujuk kepada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Tanjungpinang tahun 2022.

Kepala Dinas PUPR Tanjungpinang, Zulhidayat mengatakan, saat ini pihaknya masih fokus pada pembahasan dan perencanaan titik lokasi serta konsep pembangunan.

"Sebagaimana kita ketahui, wilayah Bintan Centre saat inikan sedang berkembang. Namun untuk titik lokasi sedang kita pelajari kajiannya guna memberi manfaat besar nantinya," ujarnya di Kantor Bappelitbang Tanjungpinang, Rabu, (15/12/2021).

Zul menerangkan, konsep kawasan kuliner ini nantinya dibangun berdasarkan pertimbangan berbagai aspek. Seperti segi aset, faktor kemacetan lalu lintas dan lahan parkir, guna mengurangi risiko masalah yang timbul di masyarakat.

"Konsepnya kita akan gunakan bahu jalan yang sudah menjadi aset pemda untuk kita tata secara baik, dengan pemasangan lampu dan tempat-tempat berjualan pedagang nantinya," ucap Zul.

Zul menjelaskan, selain membangun nantinya Pemko Tanjungpinang juga akan melakukan penataan kembali lokasi-lokasi pelaku UMKM yang sebelumnya berdagang di kawasan seputar Bintan Centre agar menjadi terpusat di satu tempat.

Baca juga: Wisata Kuliner Kepri Ini Ternyata Punya Sejarah Zaman Penjajahan, Dekat dengan Pelabuhan

Baca juga: Harga Daging Ayam Naik Jelang Natal, Disperindag Tanjungpinang Surati 4 Pengusaha

"Jadi untuk pedagang-pedagang yang saat ini berjualan tidak pada tempatnya akan kita relokasi juga," terangnya.

Pembangunan akan dimulai pada pertengahan tahun 2022 dengan perkiraan anggaran tahap awal senilai Rp 3 miliar itu, nantinya diharapkan dapat membangkitkan kembali perekonomian masyarakat Tanjungpinang.

"Nah tujuan dari penataan kawasan kuliner itu supaya memberikan keindahan kota dan sekaligus dengan fungsi utamanya yakni meningkatkan pendapatan bagi para pelaku UMKM sehingga ekonomi kembali bangkit," jelasnya lagi.

Adapun beberapa lokasi alternatif yang telah dikonsepkan oleh pihaknya, yakni lokasi belakang Lotus Bintan Centre, depan Swalayan Pinang Lestari dan wilayah seputaran Villa Pinang Mas Kota Tanjungpinang.

"Tapi kita akan cek lagi mana lokasi yang lebih efektif dan efisien nantinya," tukas Zul.

(Tribunbatam.id/Noven Simanjuntak)

Baca juga Berita Tribun Batam lainnya di Google

Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved