Breaking News:

CORONA KEPRI

Varian Omicron Terdeteksi di Indonesia, Dinkes Tanjungpinang Minta Warga Waspada

Kadinkes Tanjungpinang Elfiani Sandri menanggapi soal masuknya varian Omicron di Indonesia. Ia minta warga tetap waspada dan tak panik

tribunbatam.id/Noven Simanjuntak
Varian Omicron Terdeteksi di Indonesia, Dinkes Tanjungpinang Minta Warga Waspada. Foto Kepala Dinas Kesehatan Kota Tanjungpinang, Elfiani Sandri 

TANJUNGPINANG, TRIBUNBATAM.id - Kasus varian baru Covid-19 jenis Omicron telah masuk ke Indonesia.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) sebelumnya mencatat ada dua pasien covid-19 terpapar varian Omicron.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tanjung Pinang, Elfiani Sandri saat diwawancarai pun turut membenarkan hal tersebut, Sabtu (18/12/2021).

"Ya memang Kementerian Kesehatan sudah menyampaikan bahwa virus varian omicron sudah masuk ke Indonesia dan bahkan sudah ada beberapa pasien yang terkonfirmasi terpapar," ujarnya membenarkan hal tersebut.

Namun ia menyebut, Varian Omicron ini masih dalam jenis kategori ringan dibanding beberapa varian lainnya seperti Varian Delta.

Sebagai langkah pencegahan, pihaknya pun mengimbau masyarakat Tanjungpinang agar tetap waspada dan tidak panik dalam menjalankan aktivitas di luar rumah.

"Dari Dinkes Tanjungpinang mengharapkan agar masyarakat tetap waspada dan jangan panik, karena virus Omicron ini sebagaimana kasus-kasus yang terjadi di berbagai negara itu dia lebih ringan dibandingkan dengan varian delta," jelasnya.

Terutama dalam menyambut perayaan Natal dan Tahun baru, ia berpesan agar masyarakat dapat lebih banyak berdiam diri di rumah dan tidak melakukan perjalanan jauh yang dirasa tidak terlalu penting.

Baca juga: RSDC Wisma Atlet Kemayoran Diisolasi 7 Hari Gegara Temuan Kasus Pertama Omicron

Baca juga: Cara Cegah Covid-19 Varian Omicron, Gunakan Masker Medis dan Masker Kain

"Memang penularannya lebih cepat dibanding varian lain. Maka sebaiknya menjelang Nataru kita harus perlu menjaga diri, bagaimana agar tidak menciptakan kerumunan-kerumunan, terutama saat libur jangan berpergian jauh dan prokes tetap dijalankan," terangnya.

Ia menyebutkan, upaya pencegahan yang paling utama dalam menangkal Varian Virus Omicron saat ini ialah penerapan protokol kesehatan dan vaksinasi.

"Intinya apapun variannya upaya pencegahan itu tetaplah prokes dan vaksinasi karena dengan demikian dapat menciptakan kekebalan tubuh masyarakat," tukasnya.

(Tribunbatam.id/Noven Simanjuntak)

Baca juga Berita Tribun Batam lainnya di Google

Berita Tentang Corona Kepri

Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved