Breaking News:

Covid-19 Masih Merajalela, Perlukah Bayi Memakai Masker? Ini Kata Ahli

Orang yang mengalami kesulitan bernapas atau tidak sadarkan diri, atau orang yang tidak mampu melepas masker tanpa bantuan tidak disarankan bermasker

kompas.com
Ilustrasi masker kain 

TRIBUNBATAM.id - Orang-orang yang mengalami kesulitan bernapas atau tidak sadarkan diri, atau orang yang tidak mampu melepas masker tanpa bantuan tidak disarankan memakai masker.

Pernyataan ini juga tertuju kepada bayi, yang sebenarnya tidak disarankan memakai masker.

Kondisi tersebut sama halnya seperti bayi yang dibaringkan dengan posisi tengkurap, hingga membuat jalan napas mereka bisa tersumbat dan tidak bisa bangun tanpa bantuan.

Sejumlah otoritas kesehatan dunia tak bosan menyatakan agar terhindar dari infeksi Covid-19 masyarakat diimbau menggunakan masker saat beraktivitas di luar ruangan.

Perawat dan bidan tersertifikasi sekaligus penasihat utama Cleo, Rebekah Wheeler menyebut, penutup wajah apa pun tidak boleh digunakan pada wajah anak-anak di bawah usia dua tahun.

Baca juga: BINTAN Zero Kasus Covid-19, Dokter Gama Ingatkan Warga Pakai Masker, Jaga Jarak dan Ikut Vaksinasi

Baca juga: Jenis Masker Disarankan Ahli Cegah Covid-19, AWAS Varian Omicron Sudah Masuk Indonesia

Nah, untuk bayi, masker berisiko mengganggu proses pernapasannya.

"Masker tanpa sadar bisa membatasi oksigen yang masuk ke dalam tubuh bayi dan mereka tidak bisa melepasnya sendiri," kata Wheeler.

Di samping bayi dan anak di bawah usia dua tahun, sejumlah sumber mengatakan, anak berusia tiga tahun ke bawah juga tidak dianjurkan untuk mengenakan masker.

Alasannya, mereka belum bisa menggunakannya secara efektif.

"Beberapa sumber mengatakan, anak di bawah usia tiga tahun tidak perlu masker karena mereka masih sulit menjaga masker digunakan dengan cara yang tepat," kata Co-founder Cleo, Dr. Chitra Akileswaran.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved