Breaking News:

KEPRI TERKINI

Gubernur Kepri Gelar Rapat Terbatas Bersama BNPB Bahas Pemulangan PMI

Kepada perwakilan BNPB, Gubernur Kepri memaparkan kondisi sarana prasarana untuk menampung pemulangan PMI hinggakemampuan keuangan daerah.

Penulis: Endra Kaputra | Editor: Septyan Mulia Rohman
TribunBatam.id/Istimewa/Dokumentasi Pemprov Kepri
Gubernur Kepulauan Riau (Kepri), Ansar Ahmad saat menggelar rapat koordinasi (Rakor) penanganan kedatangan Pekerja Migran Indonesia (PMI) menjelang tahun baru 2022 bersama BNPB RI di Hotel Marriot, Batam, Kamis (30/12/2021). 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Gubernur Kepulauan Riau (Kepri), Ansar Ahmad menggelar rapat terbatas (ratas) terkait penanganan kedatangan Pekerja Migran Indonesia (PMI) menjelang tahun baru 2022.

Dalam rapat tersebut membahas bersama Deputi III Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB RI), Mayjen TNI Fajar Setyawan dan Deputi V, Zaherman Muabe.

Rakor juga menghadirkan seluruh pimpinan Forkopimda Kepri dan pejabat instansi terkait lainnya.

Dalam rakor yang digelar, Kamis (30/12/2021) di Hotel Marriot, Batam tersebut, Gubernur Kepri Ansar Ahmad memaparkan kondisi kesiapan Kepri dari segi sarana, prasarana dan kemampuan keuangan.

Selain itu, juga disampaikan usulan agar penanganan PMI kedepan secara hulu dan hilir.

Baca juga: Gubernur Kepri Ingin Stakeholder Tetap Kompak, Ansar Ahmad: Insya Allah Tetap Saling Dukung

Baca juga: Wakil Gubernur Kepri Resmikan Kantor Lurah Buliang Batuaji Batam

"Penanganan Covid-19 untuk seluruh Kepri sejauh ini sudah terlaksana dengan baik. Hal itu diperlihatkan tidak adanya masyarakat Kepri yang terkonfirmasi Covid-19. Tinggal lagi penanganan pemulangan PMI dengan kemungkinan terkonfirmasi Covid-19. Karena hasil test swab PCR masih 5 hari," ujar Gubernur Kepri.

Untuk mengantisipasi tempat karantina terpadu bagi PMI, Gubernur menyebutkan, akan segera mengaktifkan Asrama Haji dan Bapelkes Batam.

Selain itu, juga diusulkan kemungkinan pemulangan PMI secara masif dengan menyediakan kapal besar oleh pemerintah pusat.

Dengan kapal tersebut, para TKI bisa dibawa ke suatu tempat atau langsung ke daerah masing-masing sehingga bisa menekan penyebaran covid-19.

"Kami berharap kepada Bapak Deputi III BNPB untuk menyampaikan beberapa usulan kami ini kepada Kepala BNPB dan Menko Marves. Sehingga penanganan kepulangan PMI ini bisa dilaksanakan bersama tanpa muncul kasus-kasus covid-19 yang baru," harap Ansar Ahmad.

Baca juga: Gubernur Kepri Kebut Proyek Jembatan Batam Bintan, Salurkan Ganti Rugi Lahan Warga

Baca juga: PEMPROV Kepri Raih Anugerah Ombudsman terhadap Kepatuhan Pelayanan Publik

Sementara itu, Deputi III Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB RI), Mayjen TNI Fajar Setyawan berjanji akan menyampaikan langsung hasil rakor tersebut kepada Kepala BNPB agar bisa dengan cepat dilakukan antisipasi dan penanganan secara masif.

"Saya akan sampaikan hasil rakor kita ini agar apa yang diharapkan Pemprov Kepri dalam penanganan pemulangan PMI bisa kita lakukan dengan baik," kata Fajar.(TribunBatam.id/Endra Kaputra)

Baca juga Berita Tribun Batam lainnya di Google

Berita Tentang Kepri

Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved