Breaking News:

KARIMUN TERKINI

36 Rumah Kelurahan Teluk Uma Tebing Karimun Bakal Direhab Pakai Dana Pusat

Sebanyak 36 rumah warga Kelurahan Teluk Uma Kecamatan Tebing, Kabupaten Karimun bakal direhap menggunakan dana bantuan pusat.

Penulis: Yeni Hartati | Editor: Tri Indaryani
ISTIMEWA
Bupati Karimun Aunur Rafiq dan Anggota DPRD Nyimas Novi Ujiani meresmikan program BSPS dan STBM secara simbolis di salah satu rumah masyarakat Kelurahan Teluk Uma, Kecamatan Tebing. 

KARIMUN, TRIBUNBATAM.id - Sebanyak 36 rumah masyarakat yang berada di Kelurahan Teluk Uma Kecamatan Tebing mendapatkan bantuan rehab rumah, dengan program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS).

Rehab yang dilakukan sebanyak 36 rumah tersebut merupakan anggaran yang bersumber dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tahun 2021.

Ketua Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) Kelurahan Teluk Uma Kecamatan Tebing, Nurhayati mengatakan program BSPS itu dilakukan di beberapa titik.

"Lebih tepatnya di RW 01, RW 02, RW 03, dan RW 07, Kelurahan Teluk Uma, Kecamatan Tebing," ucap Nurhayati.

Ia menambahkan, selain program BSPS pihaknya juga memberikan Program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) yang difasilitasi oleh BKM.

"Untuk STBM ini kita mendapatkan bantuan pembangunan fasilitas MCK bagi 15 rumah, yang memang belum ada kakusnya," tambahnya.

Sehingga, pihaknya membantu dengan lengkapi lima unsur kebutuhan, mulai dari WC, Septictank, tempat cuci piring lengkap dengan pembuangan air, atap kamar mandi yang dibangun, serta ventilasi.

Baca juga: Vaksinasi Covid-19 Anak Usia 6 hingga 11 Tahun di Tanjungpinang Mencapai 61,17 Persen

Baca juga: Awal Tahun Baru 2022, Vaksinasi Anak di Batam Hampir Capai Separuh Dari Target

Diketahui, sebelum mendapatkan program STBM, 15 rumah yang mendapatkan bantuan tersebut sama sekali tidak memiliki WC. 

"Dengan begitu, sebagian masyarakat saat akan buang air besar terpaksa harus ke selokan atau langsung ke laut," jelasnya.

Melalui program itu, masyarakat kini sudah bisa hidup bersih dan sehat dengan memiliki WC yang nyaman.

Sementara, Bupati Karimun Aunur Rafiq, memberikan apresiasi dan mengatakan di Kelurahan Teluk Uma mulai banyak program yang masuk. 

Hal tersebut tentunya merupakan peran aktif dari semua pihak masyarakat Teluk Uma, sehingga bantuan dari pemerintah pusat bisa didapat.

"Terimakasih kepada ibu-ibu yang telah menyelesaikan dua program ini, beberapa bulan lalu di Teluk Uma ini membuka program kran air sebagai tanda sudah masuknya fasiltias air bersih. Bulan ini meresmikan program BSPS dan STBM yang telah tuntas. Mudah-mudahan tahun depan kita bisa dapat lagi," ucap Aunur Rafiq, Bupati Karimun.

Secara keseluruhan, program BSPS tahun 2021 di Kabupaten Karimun mencakup 421 rumah, dengan anggaran sebesar Rp 8,4 miliar, sementara program STBM dianggarkan pemerintah pusat sebesar Rp 2 miliar. (TRIBUNBATAM.id/Yeni Hartati)

Baca juga Berita Tribun Batam lainnya di Google

Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved