Breaking News:

CORONA KEPRI

IDI Kepri Dukung Vaksinasi Booster untuk Usia 18 Tahun ke Atas

Ketua IDI Kepri Rusdani sebut, dari hasil penelitian mereka yang sudah divaksin selain booster alami penurunan imun dan masih mudah terpapar Omicron

Penulis: Endra Kaputra | Editor: Dewi Haryati
Kompas.com
IDI Kepri Dukung Vaksinasi Booster untuk Usia 18 Tahun ke Atas. Foto Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) wilayah Kepri Rusdani 

TANJUNGPINANG, TRIBUNBATAM.id - Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) mendukung agar segera dilakukan vaksinasi booster.

Hal itu disampaikan Ketua IDI Kepri, Rusdani saat Tribunbatam.id menghubungi melalui telepon seluler.

"Iya harus segera dilaksanakan vaksinasi booster. Sebab sesuai penelitian, bisa lebih mencegah virus varian Omicron," sebutnya, Selasa(11/1/2022).

Ia juga menyampaikan, sesuai dari hasil penelitian yang dilakukan 2 Universitas di Indonesia, vaksin booster lebih menambah imun tubuh.

"Dimana dari hasil penelitian juga, orang yang sudah divaksin selain booster saat 6 bulan ke depan mengalami penurunan imun, dan masih sangat mudah terpapar jenis virus Omicron," sebutnya.

Ditanyakan, apakah ada batasan umur orang yang bisa mendapatkan vaksinasi booster tersebut?

"Yang bisa saat ini hanya umur 18 tahun ke atas, itu sesuai hasil penelitian. Untuk umur di bawahnya masih dalam penelitian," sebutnya menjawab.

Sementara itu, Gubernur Kepulauan Riau (Kepri), Ansar Ahmad menyatakan kesiapan Provinsi Kepri untuk memulai vaksinasi dosis ketiga atau vaksin booster bagi masyarakat.

Baca juga: Presiden Jokowi Tegaskan Vaksin Booster Covid-19 Gratis, Berikut Syarat Penerima

Baca juga: Vaksin Booster Dimulai Besok, Tanjungpinang dan Bintan Masih Tunggu Juknis Dari Pusat

Untuk memulai vaksinasi booster, saat ini Pemerintah Provinsi (Pemprov) masih menunggu izin dan instruksi dari Kementerian Kesehatan tentang petunjuk teknis vaksin booster.

Sebelumnya, diinstruksikan Presiden Joko Widodo untuk mengantisipasi dampak penyebaran virus Covid-19 varian omicron di Indonesia, pemerintah akan memulai vaksin booster pada 12 Januari.

Kepri disampaikan Gubernur, merencanakan peluncuran program vaksin booster akan dibarengi dengan kunjungan kerja Menteri Dalam Negeri (Kemendagri), Tito Karnavian pada 13 sampai 14 Januari mendatang.

"Kalau izin dari Kemenkes sudah keluar besok, kita bisa memulai vaksin booster di Kepri dengan memanfaatkan momen kunjungan Mendagri ke daerah kita nanti," ujar Gubernur saat memimpin Rapat Koordinasi Persiapan Vaksin Booster di Ruang Rapat Utama Kantor Gubernur Kepri, Dompak, Tanjungpinang, Senin (9/1/2022). (Tribunbatam.id/endrakaputra)

Baca juga Berita Tribun Batam lainnya di Google 

Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved