Breaking News:

BATAM TERKINI

CEGAH Masuknya Omicron Lewat PMI dari Malaysia dan Singapura, Pemeriksaan di Batam Diperketat

Pekerja Migran Indonesia (PMI) dari Malaysia dan Singapura masih terus berdatangan ke Indonesia setiap harinya.

TRIBUNBATAM.id/BERES LUMBANTOBING
Kedatangan PMI di Pelabuhan Ferry Internasional Batam Center, Batam. 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Pekerja Migran Indonesia (PMI) dari Malaysia dan Singapura masih terus berdatangan ke Indonesia setiap harinya.

Para PMI ini masuk lewat melalui pintu Pelabuhan Internasional Batam Center wilayah Provinsi Kepulauan Riau. 

Update dari data Satuan Tugas Khusus (Satgassus) Penanganan Pemulangan PMI, para PMI yang datang dari Singapura dan Malaysia melalui Pelabuhan Internasional Batam Center yang positif covid-19 langsung menjalani Karantina di Rumah Sakit RSKI Galang.

Pjs Kapenrem 033 Mayor Inf Reza Fahlevi, Rabu (12/1/2022) mengatakan, sampai saat ini proses pemulangan para Pekerja Migran Indonesia terus dilakukan.

Bahkan untuk proses pemulangan, tim Satgas telah menetapkan berbagai prosedur yang harus dilakukan.

”Bagi mereka yang melaksanakan perjalanan luar negeri akan langsung tes swab antigen dan swab PCR pertama bertempat di Pelabuhan Internasional Batam Center,” katanya.

Jika dari tes swab antigen dan PCR pertama, lanjutnya, hasil yang didapat nantinya semuanya negatif dan akan langsung menjalani karantina selama 10 x 24 jam di rusun yang sudah disiapkan pemerintah atau karantina mandiri dengan hotel yang telah ditentukan. 

Reza mengatakan, meski tes pertama yang dilaksanakan oleh tim satuan tugas kepada para PMI di pelabuhan semua dinyatakan negatif, bukan berarti mereka bebas dari virus covid - 19.

Baca juga: SEMPAT Viral! Maling di Perumahan Cendana Batam yang Diamuk Massa Kini Ditahan Polisi

Baca juga: 3.000 Jemaah Umroh Bakal Diberangkatkan Lewat Bandara Internasional Hang Nadim Batam

"Kita satgas terus menerapkan protokol kesehatan yang sudah ditetapkan pemerintah, begitu juga dalam penanganan pemulangan PMI ke indonesia," tuturnya. 

Reza menambahkan, Brigjen TNI Jimmy Ramoz Manalu selaku Dansatgasus PMI selalu mengingatkan untuk cek dan ricek serta teliti dalam bertugas apalagi dalam penanganan PMI tidak bisa dianggap main-main dan juga sepele.

Disebutnya, sering di beberapa kejadian meski dalam tes pertama swab antigen dan PCR pertama di pelabuhan pada saat mereka datang dinyatakan negatif, pada tes swab PCR kedua belum tentu mereka juga mendapat hasil negatif.

“Karena sudah kejadian hari pertama ketika dites negatif setelah tes kedua malah terkonfirmasi positif,” tutur Reza 

Reza menambahkan agar kepada para PMI yang sedang melaksanakan karantina agar ikuti aturan yang sudah dibuat dan kepada para petugas pengamanan karantina agar diyakinkan untuk para PMI tidak ada yang keluar di karantina. (TRIBUNBATAM.id/Beres Lumbantobing)

*Baca juga Berita Tribun Batam lainnya di Google

Berita Tentang Batam

Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved