Breaking News:

ANAMBAS TERKINI

Untuk Kurangi Kemacetan, Kini Jalanan di Tarempa Anambas Jadi Jalur Satu Arah

Satlantas Polres Kepulauan Anambas melakukan uji coba sistem one way atau jalan satu arah di Tarempa, Kecamatan Siantan untuk mrngurangi kemacetan.

Penulis: Rahma Tika | Editor: Tri Indaryani
ISTIMEWA
Petugas gabungan dari Polres Anambas, Dishub LH, dan Satpol PP saat turun langsung mengatur arus lalu lintas one way di pasar Tarempa. 

ANAMBAS, TRIBUNBATAM.id - Dinas Perhubungan dan Lingkungan Hidup (Dishub LH) bersama Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Kepulauan Anambas melakukan uji coba sistem one way atau jalan satu arah di Tarempa, Kecamatan Siantan.

Sebelumnya, jalanan sekitar pasar Tarempa ini menjadi pusat kemacetan oleh kendaraan yang sering parkir bebes dipinggir jalan. Ditambah lagi lokasi pasar yang sempit membuat akses jalan di pasar Tarempa setiap harinya cukup padat.

Kepala Dishub LH, Ekodesi mengatakan penerapan one way / jalan satu arah ini juga merelokasi pedagang yang berjualan dibahu jalan sebagai lapak jualan akan dialihkan ke jembatan Selayan Pandang (SP) 1.

“Percobaan ini akan kita lakukan selama satu bulan di titik jalan Hang Tuah, Diponegoro, Hang Lekir, dan jalan Ahmad Yani, kita berharap masyarakat dapat memahami peraturan yang kita buat ini,” ujar Ekodesi, Kamis (13/1/2022).

Tujuan dibuatnya jalan satu arah ini guna tercapainya keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran bagi pengguna jalan.

Baca juga: Harga Minyak Goreng Naik, Gubernur Kepri Perintahkan Gelar Operasi Pasar

Baca juga: Tinjau Gedung LAM Kepri di Tanjungpinang, Gubernur Bakal Tata Gurindam 12

Dikatakan Ekodesi bahwa nanti akan ada petugas di lapangan yang akan mengarahkan pengendara untuk melewati rute jalan selama one way diberlakukan.

Sementara itu, Kasat Lantas Polres Kepulauan Anambas, AKP Lambok Marito Sinaga menyebutkan pemberlakuan one way ini diterapkan untuk mengurangi kemacetan.

“Uji coba ini juga sekaligus kita melakukan sosialisasi ke masyarakat, kita akan usahakan diterapkan secara permanen mengingat kemacetan di sini cukup parah,” ujar AKP Lambok Marito Sinaga.

Dirinya juga mengingatkan para pengendara agar mematuhi peraturan dalam berkendara, seperti menggunakan helm dan memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM). (TRIBUNBATAM.id/Rahma Tika)

Baca juga Berita Tribun Batam lainnya di Google

Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved