Breaking News:

BATAM TERKINI

Undangan Terbuka bagi Musisi Batam, Disbudpar Gelar Lomba Cipta Lagu Melayu Berhadiah Uang

Lomba cipta lagu Melayu ini diharapkan bisa memperkaya Batam dengan karya lagu-lagu Melayu

Penulis: Roma Uly Sianturi | Editor: Dewi Haryati
tribunbatam.id/istimewa
informasi lomba cipta lagu Melayu yang digelar Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Batam 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata ( Disbudpar) Kota Batam menggelar lomba cipta lagu Melayu. Pendaftaran dimulai pada tanggal 28 Januari - 20 Maret 2022.

Kepala Disbudpar Batam, Ardiwinata menjelaskan, lomba cipta lagu Melayu ini sebagai wujud penerapan Undang- Undang Nomor 5 tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan.

Ada empat langkah strategis dalam memajukan kebudayaan. Yakni pelindungan, pengembangan, pemanfaatan, dan pembinaan untuk pemajuan kebudayaan. Sekaligus sebagai penerapan Perda Pemajuan Kebudayaan Tahun 2018.

"Sebagai bentuk pemajuan untuk menciptakan lagu-lagu Melayu yang baru karena sudah banyak potensi penyanyi," katanya, Jumat (28/1/2022).

Lewat kegiatan ini, ia ingin mengapresiasi para pecipta lagu Melayu di Batam. Ia mengatakan, kegiatan ini berlandaskan Pokok-Pokok Pikiran Kebudayaan Daerah (PPKD).

"Ada 10 unsur PPKD yang tercantum, di antaranya olahraga tradisional, sastra lisan, ritus, pertunjukan tradisional," ujarnya.

Lomba ini akan menjadi agenda tahunan Batam ke depannya. Kegiatan ini diharapkan mampu memperkaya Batam dengan karya berupa lagu Melayu yang telah diseleksi dan dapat dipresentasikan sebagai lagu Batam.

"Penyanyi biasanya membawakan lagu-lagu lama, seperti dari Iyeth Bustami, Siti Nurhaliza, kita perlu lagu baru," ujarnya.

Baca juga: Anggota DPRD Batam Ini Buka Studio Senam Saat Pandemi Covid-19: Mohon Doa Restunya

Baca juga: Tarif Parkir di Bandara Hang Nadim Pakai Perka, DPRD Akan Komunikasi dengan BP Batam

Berikut ini syarat dan ketentuan lomba cipta lagu Melayu, yakni genre atau aliran lagu Melayu, seperti Joget, Langgam, Inang, Ghazal, Zapin.

Karya belum pernah diperlombakan sebelumnya, peserta dapat mengirimkan lebih dari satu karya atau lagu.

Lirik lagu menceritakan tentang kehidupan di daerah Batam, bercerita tentang sejarah, budaya, tempat, alam, cinta, maupun manusianya. Lagu dikirimkan dalam format audio yakni berupa rekaman sederhana atau rekaman profesional.

Peserta melampirkan biodata lengkap, seluruh karya yang dikirim dapat diproduksi, digandakan,
disebarluaskan oleh Pemerintah Kota Batam (Pemko) dengan tetap menyebutkan nama pencipta lagu.

Lomba cipta lagu Melayu ini akan disaring empat lagu. Lagu yang terpilih akan diaransemen bersama oleh pencipta lagu dengan arranger lagu Melayu yang telah
ditunjuk oleh Disbudpar Batam.

Ada empat pemenang yang dipilih, yakni juara satu, juara dua, juara tiga, dan juara harapan satu dengan total hadiah jutaan Rupiah.

Rencananya informasi pemenang akan diumumkan pada tanggal 21 Maret 2022 melalui Media Sosial Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Batam @ Batamtourism.official (Instagram) dan @ Disbudpar
Batam (Facebook).

Alamat pendaftaran dan pengambilan formulir di Kantor Disbudpar Batam, bertempat di Gedung Lembaga Adat Melayu (LAM), Batam Center. (*/tribunbatam.id / Roma Uly Sianturi)

Baca juga Berita Tribun Batam lainnya di Google

Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved