Breaking News:

Festival Zapin Penyengat, Wali Kota Rahma Ajak Masyarakat Lestarikan Budaya Melayu

Wali Kota Tanjungpinang Rahma menghadiri Festival Zapin Penyengat. Ia bilang dalam kesenian ada nilai kemanusiaan, & tugas kita untuk melestarikannya

Penulis: Endra Kaputra | Editor: Dewi Haryati
tribunbatam.id/istimewa
Wali Kota Tanjungpinang, Rahma menghadiri Festival Zapin Penyengat yang dilaksanakan oleh Lantamal IV Tanjungpinang, bertempat di Balai Adat Indra Perkasa Pulau Penyengat, Jumat (4/2/2022). 

TANJUNGPINANG, TRIBUNBATAM.id - Wali Kota Tanjungpinang, Rahma menghadiri Festival Zapin Penyengat yang dilaksanakan oleh Lantamal IV Tanjungpinang.

Kegiatan bertempat di Balai Adat Indra Perkasa Pulau Penyengat, Jumat (4/2/2022).

Rahma mengatakan, dalam kesenian terkandung nilai-nilai kemanusiaan dan tugas kita untuk melestarikan nilai budaya yang ada.

“Seni bukanlah panglima dalam kehidupan manusia, tapi dari senilah terkandung beragam nilai-nilai kemanusiaan. Oleh karena itu penting kita melakukan berbagai kegiatan untuk melestarikan nilai budaya," ujar Rahma.

Salah satunya melalui kegiatan Festival Zapin Penyengat yang diinisiasi oleh Lantamal IV Tanjungpinang. Rahma mengucapkan terima kasih kepada Lantamal IV yang turut melestarikan warisan budaya Melayu melalui kegiatan seni.

Rahma mengimbau untuk menjaga seni budaya agar tidak terkontaminasi budaya asing.

“Kita harus menjaga dan mempertahankan seni budaya yang ada agar tidak terkontaminasi dari budaya asing yang merugikan. Saya berharap kedepannya nilai-nilai kesenian dan budaya lokal dapat meningkatkan harkat dan martabat kita sebagai bangsa Indonesia pada umumnya dan Kota Tanjungpinang khususnya,” ucap Rahma.

Lebih lanjut dikatakannya, tugas utama saat ini yakni mempertahankan serta mewarisi seni dan budaya lokal dengan sebaik-baiknya.

Baca juga: Belum Divaksin? Cek 13 Faskes Layani Vaksinasi Covid-19 Dosis 1, 2 dan 3 di Tanjungpinang

Baca juga: Gubernur Kepri Serahkan Bantuan Operasional Untuk 3 Yayasan di Tanjungpinang 

“Dengan kegiatan seperti ini diharapkan dapat menjadi salah satu upaya melestarikan warisan leluhur seiring perkembangan dan pembangunan daerah,” tuturnya.

Terakhir Rahma berharap kepada seluruh masyarakat untuk dapat mendukung kegiatan yang berkaitan dengan pelestarian seni dan budaya.

"Besar harapan saya kepada seluruh lapisan masyarakat Kota Tanjungpinang untuk dapat mendukung kegiatan yang terkait dengan pelestarian seni dan budaya,” tutupnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan persembahan Tari Kolosal Zapin Penyengat dan Tari Gending. Adapun lomba yang dilaksanakan antara lain, kategori Zapin Penyengat Tingkat SD, kategori Tari Gending dan Tari Zapin Kreasi, juga kategori Zapin Kreasi Garapan Baru. (Tribunbatam.id/endrakaputra)

*Baca juga Berita Tribun Batam lainnya di Google

Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved