Breaking News:

BERITA MALAYSIA

Malaysia Tak Wajibkan Cek Suhu Tubuh saat Masuk Sekolah, Berlaku Besok

Kementerian Pendidikan Malaysia (KPM) tak mewajibkan pengecekan suhu tubuh pada lembaga pendidikan di bawah kementerian negeri jiran itu mulai besok.

TRIBUNBATAM.ID/ISTIMEWA
Foto ilustrasi. Malaysia tak mewajibkan pengecekan suhu tubuh pada institusi pendidikan termasuk sekolah yang berada di bawah Kementerian Pendidikan Malaysia (KPM). Aturan ini berlaku mulai Jumat (11/2/2022) waktu setempat. Foto pemeriksaan cek suhu tubuh di Kepri. 

MALAYSIA, TRIBUNBATAM.id - Negeri jiran Malaysia membuat gebrakan dalam penerapan belajar tatap muka selama pandemi covid-19.

Mereka mulai melonggarkan aturan kesehatan yang biasanya diterapkan sebagai bagian dalam protokol kesehatan (prokes).

Aturan ini khususnya berlaku bagi lembaga pendidikan di bawah Kementerian Pendidikan Malaysia (KPM).

Kebijakan yang mulai berlaku Jumat (11/2/2022) waktu setempat ini tidak mewajibkan pemeriksaan suhu tubuh di lingkungan lembaga pendidikan, termasuk sekolah.

Meski demikian, seluruh tenaga pengajar, peserta didik bahkan pengunjung wajib memindai QR code melalui aplikasi MySejahtera, semacam aplikasi PeduliLindungi di Indonesia sebelum memasuki lingkungan institusi pendidikan.

Baca juga: Dari Negeri Jiran Malaysia, 4.760 Pekerja Migran Masuk Lewat Batam Sepanjang 2022

Baca juga: Aturan Terbaru Syarat Penerbangan Pesawat Garuda Indonesia Februari 2022 saat Omicron Melanda

Ini juga berlaku bagi anggota kelompok pelaksana sampai petugas layanan pendukung.

Otoritas Malaysia juga meminta kepada orang tua wali murid untuk memastikan benar jika anak ataupun lingkungan mereka dalam keadaan sehat sebelum berangkat menuju lembaga atau institusi pendidikan.

Keputusan itu dibuat menyusul pengumuman Menteri Pertahanan Senior Datuk Seri Hishammuddin Tun Hussein pada hari Selasa mengenai penghapusan prosedur operasi standar (SOP) untuk pemeriksaan suhu tubuh dan buku catatan check-in di tempat mulai besok.

Kemendikbud mengatakan, siswa yang memiliki gejala atau memiliki anggota keluarga yang terkonfirmasi positif dan tinggal serumah, tidak diperbolehkan bersekolah seperti diberitakan media lokal setempat.

Menurutnya, status kesehatan siswa di sekolah akan dipantau terus menerus untuk memastikan siswa yang memiliki gejala diisolasi di ruang isolasi untuk tindakan lebih lanjut.

“KPM juga merekomendasikan agar putusan ini juga berlaku untuk semua lembaga pendidikan yang tidak terdaftar di KPM,” ujarnya.

BELAJAR Tatap Muka di Kepri

Berbeda dengan negeri jiran Malaysia, belajar tatap muka di Provinsi Kepri sebelumnya menjadi perhatian Gubernur Kepri, Ansar Ahmad.

Baca juga: Pengusaha Malaysia Menjerit, Negeri Jiran Bakal Naikkan Upah Minimum Rp 5,1 Juta

Baca juga: Berita MotoGP - Duh, Aleix Espargaro Harus Minta Maaf ke Pemerintah Malaysia, Kenapa?

Hal itu setelah meningkatnya kasus covid-19 di lingkungan sekolah, khususnya SMA di mainland Batam.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved