Breaking News:

BP BATAM

Revitalisasi Pelabuhan Batu Ampar Batam Terus Digesa, Selama 2021 Aktivitas Logistik Meningkat

Badan Pengusahaan (BP) Batam masih terus menggesa pengerjaan infrastruktur Pelabuhan Batu Ampar, melalui Badan Usaha Pelabuhan (BUP) BP Batam.

ISTIMEWA
Pintu masuk Pelabuhan Batu Ampar Batam. Badan Pengusahaan (BP) Batam masih terus menggesa pengerjaan infrastruktur Pelabuhan Batu Ampar, melalui Badan Usaha Pelabuhan (BUP) BP Batam. 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Badan Pengusahaan (BP) Batam masih terus menggesa pengerjaan infrastruktur Pelabuhan Batu Ampar, melalui Badan Usaha Pelabuhan (BUP) BP Batam.

Pembangunan infrastruktur ini bertujuan memperluas kapasitas dan meningkatkan pelayanan jasa kepelabuhanan di Pelabuhan Batu Ampar.

Mengingat, aktivitas logistik di pelabuhan ini menyokong kegiatan industri di Kota Batam maupun daerah lainnya.

Sebelumnya, Pelabuhan Batu Ampar sudah menjalankan pembersihan di beberapa lahan sebagai tempat penimbunan kontainer, kemudian, seiring dengan diresmikannya Batam Logistic Ecosystem (BLE), digitalisasi pun mulai dilakukan.

Salah satu contoh digitalisasi yang diterapkan yakni pemasangan Auto Gate System di gerbang masuk terminal Pelabuhan Batu Ampar.

Tidak hanya itu, Pelabuhan Batu Ampar juga menerapkan pelayanan berbasis online menggunakan aplikasi B-SIMS (BP Batam Seaport Information Management System) yang terintegrasi dengan Auto Gate System dan Tempat Penimbunan Sementara (TPS) Online.

"Pelayanan berbasis online itu juga bagian dari BLE, bertujuan untuk mempercepat alur masuk dan keluar barang di pelabuhan," jelas Kepala BP Batam, Muhammad Rudi, Kamis (17/2/2022).

Rudi menegaskan, pembangunan dan revitalisasi Pelabuhan Batu Ampar masih terus berlangsung. Penyempurnaan layanan dan infrastruktur pelabuhan ini bertujuan untuk meningkatkan daya saing Pelabuhan Batu Ampar sehingga bertaraf internasional.

"Pembangunan Pelabuhan Batu Ampar ini harus segera kita selesaikan, untuk mewujudkan pelabuhan ini berdaya saing internasional," ujar Rudi.

Untuk tahun 2021 hingga 2022, ada beberapa proyek revitalisasi Pelabuhan Batu Ampar yang akan dikerjakan.

Halaman
12
Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved