Breaking News:

KEMENKUMHAM KEPRI

15 Narapidana di Kepri Dapat Remisi Hari Raya Nyepi

Kantor Wilayah Kementrian Hukum Dan HAM (Kanwil) Kepulauan Riau (Kepri) Tanjungpinang memberikan remisi kepada 15 narapidana dan anak

Ist
Plt Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kepri Ramelan saat menyerahkan remisi. 

TANJUNGPINANG, TRIBUNBATAM.id - Kantor Wilayah Kementrian Hukum Dan HAM (Kanwil) Kepulauan Riau (Kepri) Tanjungpinang memberikan remisi kepada 15 narapidana dan anak, Kamis (03/03/ 2022).  

Remisi yang diberikan kepada Narapidana dan Anak pada saat Hari Raya Keagamaan tersebut merupakan wujud negara hadir dengan memberikan penghargaan atas segala pencapaian positif bagi Narapidana dan Anak.

Plt Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kepri Ramelan mengatakan bahwa,
pemberian remisi kepada Narapidana dan anak yang beragama Hindu, dengan syarat telah memenuhi administratif dan substantif.

"Diantaranya harus berkelakuan baik / tidak terdaftar pada register F (buku catatan pelanggaran disiplin narapidana), telah menjalani pidana minimal 6 bulan dan 3 bulan bagi Anak, serta aktif mengikuti program pembinaan di Lapas/LPKA/Rutan,"katanya.

Dari 15 narapidana dan anak yang mendapatkan remisi, terdiri dari lapas kelas II Tanjungpinang sebanyak 1 orang dengan besaran remisi yang diperoleh 1 bulan.

Lapas kelas II A Batam sebanyak 6 orang, yang mana besaran remisi yang diperoleh 2 orang 1 bulan, 1 orang 1 bulan 15 hari, dan 3 orang 2 bulan.

"Selanjutnya, Lapas kelas IIA narkotika Tanjungpinang sebanyak 8 orang, 3 orang 1 bulan dan 5 orang 2 bulan. Serta tidak ada remisi khusus II (langsung bebas)," ucapnya.

Ia mengatakan, besaran remisi khusus yang diberikan tiap tahun yang mana tahun pertama (telah menjalani 6-12 bulan) mendapat potongan hukuman 15 hari.

Tahun pertama (telah menjalani lebih 1 tahun) mendapat potongan hukuman 1 bulan. Serta Tahun kedua dan ketiga mendapat potongan hukuman 1 bulan.

"Selanjutnya,Tahun keempat dan kelima mendapat potongan hukuman 1 bulan 15 hari dan Tahun keenam dst.nya mendapat potongan hukuman 2 bulan," ucapnya.

Kanwil Kemenkumham Kepri memiliki 11 Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan terdiri dari 9 Lapas/LPKA/Rutan, 1 Bapas dan 1 Rupbasan.(Tribunbatam.id/endrakaputra)

Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved