Breaking News:

PEMKO BATAM

INGIN Semua Peserta Didik Bisa Sekolah Negeri, Pemko Batam Bakal Bangun Ruang Kelas Baru

Wakil Walikota Batam, Amsakar Achmad mengatakan, Pemko Batam saat ini tengah berfokus membangun ruang kelas baru. Agar semua siswa bisa sekolah nege

TribunBatam.id/Hening Sekar Utami
Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad, mengungkapkan, Pemko Batam saat ini tengah berfokus membangun ruang kelas baru agar tak ada lagi siswa yang tak tertampung di sekolah negeri. 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Pemko Batam terus berupaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Kota Batam

Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad, mengungkapkan, sesuai rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) tahun 2021 sampai 2026, Pemko Batam saat ini tengah berfokus membangun ruang kelas baru.

Pasalnya, selama ini kerap terjadi overload jumlah peserta didik di beberapa sekolah setiap tahun ajaran baru.

Ia mengharapkan, agar semua peserta didik baru nantinya dapat ditampung di sekolah-sekolah setiap wilayah.

"Dengan terpenuhinya ruang kelas baru atau kelas tambahan, maka tidak ada lagi peserta didik yang tidak tertampung di sekolah negeri," ujar Amsakar, Senin (7/3/2022).

Selain penambahan ruang kelas baru, pemerintah juga telah menyediakan berbagai bantuan, khususnya bagi sekolah swasta di Batam.

Baca juga: Bappelitbang Tanjungpinang Gelar FPD Susun RKPD 2023, Walikota Ungkap Alasan Target tak Maksimal

Baca juga: 8 Warga Kepri Meninggal Dunia Kena Covid-19, Hingga Kini Total Pasien Meninggal Capai 1.822 Orang

Beberapa bentuk bantuan di antaranya, pemberian insentif bagi guru-guru swasta di Hinterland sebesar Rp 1.150.000, dan di wilayah Mainland sebesar Rp 1.000.000.

Sesuai Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 2 Tahun 2022, kebijakan tentang dana BOS juga telah diberikan kepada satuan pendidikan tanpa ada syarat minimal jumlah peserta didik.

Aturan sebelumnya mensyaratkan satuan pendidikan memiliki peserta didik minimal 60 orang dalam 3 tahun terakhir.

"Kami juga telah melaksanakan sekolah penggerak yang mendapat subsidi dari BOS Kinerja. Di tahun 2021 ada 6 SMP negeri yang menerima, sedangkan di tahun 2022 ada 12 sekolah, 4 di antaranya sekolah swasta," jelas Amsakar.

Ia menyatakan, ke depannya, Pemko Batam berupaya secara maksimal agar seluruh sekolah negeri dan swasta dapat memenuhi syarat untuk memperoleh subsidi dana BOS Kinerja dari Pemerintah Pusat. (TRIBUNBATAM.id/Hening Sekar Utami)

Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved