Breaking News:

BATAM TERKINI

Selama Februari, 3.825 Penumpang Masuk ke Batam dari Malaysia, 186 Reaktif Covid

Selama Februari 2022, KSOP khusus Batam mencatat ada 3.825 penumpang internasional masuk Batam lewat pelabuhan Fery Internasional Batam Center.

TRIBUNBATAM.id/BERES LUMBANTOBING
Sepanjang Februari 2022, Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) khusus Batam mencatat ada sebanyak 3.825 penumpang internasional yang masuk ke Batam lewat pelabuhan Fery Internasional Batam Center.  

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Sepanjang Februari 2022, Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) khusus Batam mencatat ada sebanyak 3.825 penumpang internasional yang masuk ke Batam lewat pelabuhan Fery Internasional Batam Center. 

Jumlah penumpang ini datang dari negara Malaysia. Sementara Singapura untuk bulan Februari nihil.

Para penumpang ini, secara keseluruhan terdata sebagai Pekerja Migran Indonesia (PMI).

Para PMI ini pun menjalani karantina di beberapa tempat isolasi yang tersebar di Batam

Humas Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) khusus Batam, Aina Solmidas, Selasa (8/3/2022) mengatakan jumlah itu sedikit menurun jika dibanding bulan Januari lalu. 

“Itu data rekap akumulasi penumpang dari Malaysia yang masuk, sementara dari Singapura nihil. Semuanya terdata sebagai PMI,” ujarnya. 

Aina pun merinci dari total penumpang yang masuk sebanyak 3.825 diantaranya laki-laki sebanyak 2.539 dan perempuan sebanyak 1.286 orang.

Baca juga: Kena Serangan Jantung, Kadispora Batam Said Khaidar Dikabarkan Kritis di RSBP 

Baca juga: BESOK, 9 Maret 2022 Hari Terakhir Penjualan Tiket KM Kelud dari dan ke Batam, Ini Kata Pelni Batam

“Dominan ini bukan warga Batam, ini dari berbagai daerah hanya saja proses pemulangannya lewat Batam,” sebut dia. 

Aina menambahkan, dari total keseluruhan penumpang masuk. Tim kesehatan mendeteksi ada sebanyak 186 penumpang yang terdeteksi reaktif covid-19.

Para penumpang ini pun langsung menjalani serangkaian masa karantina di beberapa tempat yang telah ditetapkan gugus tugas. 

Kata dia, saat ini ada dua trip pelayaran kapal yang datang dari Malaysia masuk ke Batam. Satu diantaranya dari Pelabuhan Pasir Gudang Johor, dan Pelabuhan Stualang Laut Malaysia. 

Setiap PMI yang masuk akan dilakukan serangkaian pemeriksaan kesehatan. Mulai dari dokumen kesehatan, hasil Swab/PCR hingga menjalani masa karantina. ( TRIBUNBATAM.id/Beres Lumbantobing)

Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved