Breaking News:

BERITA CHINA

Teror China semakin Nyata! Taiwan Gandakan Produksi Rudal, Modernisasi Militer Prioritas Tsai Ing

Presiden Taiwan Tsai Ing-wen menjadikan modernisasi militer sebagai prioritas utamanya, di tengah meningkatnya ancaman dari China ke pulau tersebut

South Korean Defence Ministry / AFP
FOTO ILUSTRASI - Teror China semakin Nyata! Taiwan Gandakan Produksi Rudal, Modernisasi Militer Prioritas Tsai Ing 

TRIBUNBATAM.id - Presiden Taiwan Tsai Ing-wen menjadikan modernisasi militer prioritas utamanya, di tengah meningkatnya ancaman China ke pulau tersebut.

Tsai Ing- wen diketahui beberapa tahun terakhir mendorong berbagai proyek pertahanan, termasuk menempatkan kapal perang siluman kelas baru dan mengembangkan kapal selam Taiwan sendiri.

Ia juga memperjuangkan gagasan "perang asimetris" dengan mengembangkan senjata berteknologi tinggi dan sangat mobile yang sulit dihancurkan dan dapat memberikan serangan presisi.

Melansir South China Morning Post pada Sabtu (5/3/2022), Pesawat Tentara Pembebasan Rakyat Tiongkok dalam beberapa bulan terakhir berulang kali terbang melalui zona identifikasi pertahanan udara Taiwan.

China yang dipimpin Xi Jinping dengan tegas mengklaim pulau yang memiliki pemerintahan sendiri itu sebagai wilayahnya.

Menurut China, Taiwan tak bisa lepas dari historikal bagian dari Negeri Tirai Bambu dan berambisi melakukan apa yang disebut dengan istilah China Satu.

Baca juga: China Berang Umbar Ancaman saat Taiwan Selangkah Lagi Disokong Alutsista Canggih Negeri Paman Sam

Baca juga: China Ngotot Taiwan Masuk Wilayahnya, China Harus Dipersatukan Kembali

Menjawab tantangan ke depan dari ancaman China, Taiwan berencana menggandakan lebih dari dua kali lipat kapasitas produksi rudal tahunannya menjadi hampir 500.

Terus meningkatnya kekuatan tempur Taipeh terjadi di tengah apa yang dilihatnya sebagai ancaman militer yang meningkat dari China daratan.

Ini terjadi setelah Taiwan pada bulan November 2021, menyetujui pengeluaran militer tambahan sebesar 8,6 miliar US dollar selama lima tahun ke depan.

Anggaran sebesar itu digelontorkan karena ketegangan yang tak kunjung usai dengan Beijing.

Kementerian Pertahanan Taiwan dalam sebuah laporan yang dikirim ke parlemen untuk ditinjau oleh anggota parlemen, mengatakan pengeluaran ekstra untuk anggaran militer termasuk rencana mereka untuk meningkatkan kapasitas produksi rudal tahunan menjadi 497 dari saat ini 207 per tahun.

Di antaranya adalah rudal udara ke darat Wan Chien Taiwan yang diproduksi sendiri, serta versi upgrade dari rudal Hsiung Feng IIE, rudal serangan darat yang menurut para ahli militer mampu mengenai sasaran lebih jauh ke pedalaman di China daratan.

Baca juga: Taiwan Cemas, China Kerahkan Pesawat Militer, Tsai Ing-wen Andalkan Amerika Serikat

Baca juga: China Beri Peringatan Keras ke Australia, Jangan Sampai terjadi Kiamat Setelah Bela Taiwan

Kementerian juga berencana untuk mulai memproduksi "drone serang" yang tidak ditentukan dengan target produksi tahunan.

Institut Sains dan Teknologi Nasional Chung Shan milik militer bertujuan membangun 34 fasilitas produksi rudal baru pada akhir Juni.

Halaman
12
Sumber: Kontan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved