Breaking News:

TANJUNGPINANG TERKINI

Kelurahan Penyengat Jadi Tuan Rumah MTQ Kecamatan Tanjungpinang Kota

Kelurahan Penyengat menjadi tuan rumah untuk pertama kalinya pada perhelatan Musabaqah Tilawati Qur'an (MTQ) Tingkat Kecamatan Tanjungpinang Kota.

Penulis: Endra Kaputra | Editor: Tri Indaryani
ISTIMEWA
MTQ Kecamatan Tanjungpinang Kota dibuka langsung oleh Walikota, Rahma, dan turut dihadiri oleh Wakil Gubernur Kepri, Marlin Agustina, di Halaman Masjid Sultan Riau Penyengat, Kamis malam (10/3/2022). 

TANJUNGPINANG, TRIBUNBATAM.id - Kelurahan Penyengat menjadi tuan rumah untuk pertama kalinya pada perhelatan Musabaqah Tilawati Qur'an (MTQ) Tingkat Kecamatan Tanjungpinang Kota. 

MTQ dibuka langsung oleh Walikota Tanjungpinang, Rahma, dan turut dihadiri oleh Wakil Gubernur Kepri, Marlin Agustina, di Halaman Masjid Sultan Riau Penyengat, Kamis malam (10/3/2022).

Melalui pelaksanaan MTQ ini, Rahma mengajak semua kalangan untuk memperkuat generasi muda dengan memahami Al Qur'an. 

"Harapan bersama generasi muda di Kecamatan Tanjungpinang Kota selalu mencintai Al Qur'an agar terhindar dari perbuatan yang negatif. Jadikanlah ajang MTQ ini sebagai momen untuk membiasakan diri selalu membaca dan memahami isi dari Al Quran," katanya.

Rahma juga mengatakan bahwa pulau Penyengat sebagai pulau Tahfiz. 

“Kepada seluruh masyarakat, dan para hafidz, teruslah bersemangat dan terus memberi dukungan terhadap hafidz yang mengemban ilmu di Pulau Penyengat. Para hafidz selain mempelajari dan mendalami isi dari Al Qur'an, juga ikut mengukir prestasi sebagai generasi Qurani sekaligus menyebarluaskan syiar agama Islam," ungkap Rahma.

Baca juga: Pemkab Lingga Gandeng Umrah, Teken Nota Kesepahaman Desa Binaan

Baca juga: 441 Warga Kepri Sembuh dari Terpapar Covid-19, Pasien Meninggal Dunia Ada 5 Orang

Sementara itu Wakil Gubernur Kepri, sekaligus Ketua LPTQ Provinsi Kepri, Marlin Agustina menyampaikan bahwa pelaksanaan MTQ ke 31 Tingkat Provinsi Kepulauan Riau akan dilaksanakan di Kabupaten Kepulauan Anambas. 

“Untuk itu kita harus persiapkan Qori dan Qoriah terbaik perwakilan dari Kabupaten Kota yang ada di Provinsi Kepulauan Riau," ujarnya. 

Marlin juga mengingatkan bahwa mulai tahun 2022 tidak ada lagi yang mengambil peserta dari luar Provinsi Kepri. 

"Peserta merupakan Qori Qoriah yang berasal dari Provinsi Kepri, dan akan mewakili Provinsi Kepri di tingkat Nasional. Kita harus fokus melatih para Qori dan Qoriah yang memang berasal dari Kepulauan Riau. Pelatih dan dewan hakim sangat memiliki andil besar dalam menentukan Qori Qoriah terbaik dari Provinsi Kepulauan Riau," tuturnya.

Camat Tanjungpinang Kota, Raja Hafizah, S.STP melaporkan bahwa MTQ dilaksanakan selama dua hari mulai tanggal 10 hingga 11 Maret di Masjid Raya Sultan Riau Penyengat.

"Peserta MTQ ini merupakan utusan dari 4 Kelurahan di Kecamatan Tanjungpinang Kota yang telah diseleksi melalui MTQ Kelurahan yang dilaksanakan beberapa waktu lalu," ungkap Hafizah.

Hafiza juga menyampaikan bahwa pelaksanaan MTQ Tingkat Kecamatan Tanjungpinang Kota dilaksanakan perdana di Kelurahan Penyengat. 

"Adapun cabang-cabang perlombaan pada MTQ terdiri dari Cabang Tartil, Tilawah anak-anak, remaja dan dewasa masing masing 8 peserta putra putra. Serta juga dilaksanakan lomba-lomba pendukung lainnya seperti lomba Qasidah ibu ibu dan marawis remaja masing masing 4 group. ( TRIBUNBATAM.id/Endra Kaputra) 

Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved