Breaking News:

Pemprov Kepri Gelontorkan Rp 19,5 Miliar, Bantu SPP Gratis Bagi Siswa Kurang Mampu

Gubernur Kepri Ansar Ahmad sebut, SPP gratis ini diberikan untuk siswa kurang mampu duli. Anggarannya terbatas. Dari Pemprov siapkan Rp 19,5 miliar

Penulis: Yeni Hartati | Editor: Dewi Haryati
tribunbatam.id/Yeni Hartati
Gubernur Kepri Ansar Ahmad saat diwawancarai seusai buka Musrenbang Kabupaten Karimun tahun 2022 di Gedung Nilam Sari, Pemkab Karimun, Kamis (10/3/2022). 

KARIMUN, TRIBUNBATAM.id - Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) menganggarkan Rp 19,5 miliar guna pembayaran Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP).

Hal itu disampaikan langsung Gubernur Kepri Ansar Ahmad saat menghadiri Musyawaran Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) di Gedung Nilam Sari, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karimun, pada Kamis (10/3/2022).

"Bantuan itu nantinya untuk SPP anak-anak yang tidak mampu," ujar Ansar Ahmad.

Gubernur Ansar menambahkan, bantuan tersebut akan diakomodir dari masing-masing sekolah yang akan mendata siswa-siswi yang tidak mampu.

Menurutnya, pihak sekolah yang paling mengetahui kondisi dari masing-masing siswa-siswi. Sehingga nantinya akan lebih tepat sasaran.

"SPP gratis ini kita memberikan bagi masyarakat yang tidak mampu saja dulu. Karena anggarannya sangat terbatas. Kita sudah anggarkan Rp 19,5 miliar untuk program ini," tambahnya.

Disinggung sasaran yang mendapatkan bantuan ini, Ansar menegaskan pihaknya masih menyusun persyaratan bagi siswa yang dinilai berhak.

"Saat ini SOP sedang kita susun. Nanti disampaikan ke sekolah-sekolah dan mereka yang akan menentukan anak-anaknya," jelasnya.

Baca juga: Gubernur Kepri Ansar Ahmad Buka Musrenbang Kabupaten Karimun Tahun 2022

Baca juga: GUBERNUR Hadiri Isra Miraj di Masjid Al Mukminin, Ansar : Sejak Kecil Saya Aktif di Masjid Ini

Diketahui, bantuan SPP gratis ini akan diberikan untuk di tahun ini, yang merupakan anggaran dalam APBD tahun 2022.

"Ke depannya untuk SPP ini suatu saat akan kita berikan 100 persen gratis. Tetapi alangkah lebih baik kita berikan kepada yang berhak menerima," terangnya.

Sehingga dalam program SPP gratis ini, akan jauh lebih dirasakan manfaatnya jika difokuskan pada siswa-siswi yang masuk dalam kriteria atau SOP yang sedang disusun.

"Tentunya, dengan program ini kita tidak mensubsidi bagi siswa-siswa yang memang orangtuanya mempunyai kemampuan lebih," terangnya.

Selain program SPP gratis bagi SMA sederajat, Pemprov Kepri juga mengalokasikan anggaran Rp 4,5 miliar beasiswa bagi mahasiswa.

"Dengan anggaran yang terbatas, kita ingin beasiswa tersebut tepat sasaran, sehingga mendorong mahasiswa menyelesaikan pendidikan sesuai bidang yang kuasai, terutama bagi yang mempunyai masalah dalam hal pembiayaan," pungkasnya. (TribunBatam.id/YeniHartati)

Baca juga Berita Tribun Batam lainnya di Google

Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved