Breaking News:

PEMKO BATAM

Wali Kota Rudi Paparkan Proyek Strategis Batam saat Musrenbang Tingkat Kota

Wali Kota Batam M Rudi menyampaikan proyek strategis Batam, dari Bandara Hang Nadim hingga fly over Kepri Mall saat Musrenbang Tingkat Kota, Senin

Penulis: Roma Uly Sianturi | Editor: Dewi Haryati
tribunbatam.id/Roma Uly Sianturi
Musrenbang Tingkat Kota Batam di Hotel Radisson, Senin (21/3/2022) 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Pembangunan Kota Batam sudah terpadu menjadi satu antara Pemerintah Kota (Pemko) Batam dan Badan Pengusahaan (BP) Batam. Perencanaannya harus satu tujuan.

Pernyataan ini disampaikan Wali Kota Batam sekaligus Kepala BP Batam, Muhammad Rudi dalam Musyarawah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Tingkat Kota Batam di Hotel Radisson, Senin (21/3/2022). 

"Contoh tentang banjir, mari siapkan masterplan tentang banjir, dan ini sudah kita siapkan. Kita tunggu kesiapan keuangannya. Tujuan kita jangan ada lagi banjir di Batam," ujar Rudi.

Ia memaparkan, capaian pertumbuhan ekonomi pada 2021 lalu mencapai 4.75 persen. Capaian ini terjadi dikarenakan hasil kerja sama semua Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) di Batam.

"Waktu Covid-19, kawasan industri sama sekali tak saya tutup. Kalau tutup bisa kolaps bapak ibu sekalian," tuturnya sembari mendapat tepuk tangan para peserta Musrenbang.

Dalam hal ini, Rudi juga mengingatkan para OPD, baik di lingkungan Pemko dan BP Batam harus memiliki etos kerja yang baik. Seperti negara Korea dan Jepang.

"Kalau kita tak tingkatkan etos kerja kita tak bisa kejar mereka. Terutama kita para aparatur pemerintah, mari kita mulai. Hari ini kita sepakat, siapa yang mampu itu yang kita berikan jabatan. Kalau mampu kita berikan dan saya yakin kerjanya bagus," katanya.

Lebih lanjut, Rudi juga menyampaikan proyek infrastruktur yang sedang dikerjakan di Batam, seperti Bandara Hang Nadim. Yakni merenovasi terminal 1 dan membuat terminal 2 dengan skema KPBU (Kerja sama Pemerintah dengan Badan Usaha).

Baca juga: U-Turn Terlalu Jauh, Pengendara Nekat Lawan Arus di Jalan Gajah Mada Tiban Batam

Baca juga: Gubernur Kepri Ansar Ahmad Buka Musrenbang Kabupaten Karimun Tahun 2022

"Bandara ini bisa mendatangkan pengunjung 50 juta orang. Seluruh fasilitas direncanakan oleh Deputi 1 dan Deputi 2. Misalnya terminal 1 ada malnya," katanya.

Di dekat Bandara Hang Nadim lanjutnya, juga sudah dibangun Masjid Tanjak. Satu-satunya Masjid berbentuk tanjak di dunia.

"Akan kita resmikan pada 27 Mei 2022 mendatang. Menteri yang mau datang, ngantri," katanya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved