Breaking News:

INFO PENERBANGAN

Aturan Naik Pesawat Lion Air, Garuda dan Citilink, Cek Syarat Terbang Sebelum Mudik 2022

Tiga maskapai penerbangan yang beroperasi di Indonesia, yakni Lion Air, Garuda dan Citilink Indonesia masih menerapkan aturan bebas tes Covid-19

kolase Serambi Indonesia
ILUSTRASI - Aturan Naik Pesawat Lion Air, Garuda dan Citilink, Cek Syarat Terbang Sebelum Mudik 2022 

TRIBUNBATAM.id - Tiga maskapai penerbangan yang beroperasi di Indonesia, yakni Lion Air, Garuda dan Citilink Indonesia masih menerapkan aturan bebas tes Covid-19.

Calon penumpang tidak diwajibkan menunjukkan hasil negatif tes PCR maupun tes Antigen, bila sudah mendapatkan dosis lengkap (vaksin dosis kedua dan ketiga/booster).

Sedangkan calon penumpang yang masih mendapatkan vaksin dosis pertama masih diwajibkan menunjukkan hasil negatif tes Covid-19.

Aturan ini dalam waktu dekat, tepatnya menjelang mudik Lebaran 2022 akan berganti, di mana booster menjadi syarat mudik.

Aturan tentang booster menjadi syarat wajib mudik disampaikan langsung Presiden Jokowi, melalui keterangan pers daring, Rabu (23/3/2022).

Namun, sebelum disahkannya aturan tersebut, masyarakat yang ingin bepergian naik pesawat masih menjalani aturan sesuai Surat Edaran (SE) Kementerian Perhubungan Nomor 21 Tahun 2022.

Baca juga: Susi Air Buka Penerbangan Rute Tanjungpinang-Tambelan Maret 2020

Baca juga: Efek Virus Corona, Singapura Cancel 12 Penerbangan ke Indonesia Hingga Mei 2020

Dikutip dari situs maskapai Lion Air, Garuda dan Citilink, di bawah ini adalah aturan naik pesawat sebelum berlakunya aturan mudik Lebaran 2022.

Aturan Penerbangan Lion Air

1. Penumpang yang sudah vaksin dosis kedua atau ketiga (booster) dibuktikan dengan sertifikat vaksin, tidak diwajibkan melampirkan hasil tes RT-PCR maupun tes rapid Antigen.

2. Penumpang yang sudah vaksin dosis pertama dibuktikan dengan sertivikat vaksin wajib melampirkan hasil tes PCR berlaku 3x24 jam sebelum keberangkatan atau rapid Antigen berlaku 1x24 jam sebelum keberangkatan

3. Penumpang yang tidak bisa divaksin karena alasan medis wajib tes rapid Antigen 1x24 jam atau tes PCR 3x24 jam dan menunjukkan surat keterangan dari dokter di rumah sakit pemerintah.

4. Penumpang berusia di bawah usia 6 tahun dapat melakukan penerbangan bersama pendamping dan menerapkan protokol kesehatan ketat.

5. Penumpang wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi.

Baca juga: Cara Terbaru Mengisi eHAC PeduliLindungi di HP Android dan iPhone, Syarat Wajib Sebelum Penerbangan

Baca juga: SYARAT Perjalanan & Dokumen Penerbangan Pesawat Citilink dan Garuda Periode PPMK 2022

Aturan Penerbangan Garuda Indonesia

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved