Breaking News:

Bulan Ramadhan, 152 Warga Palestina Luka-luka Bentrok dengan Polisi Israel di Masjid Al-Aqsa

Ketegangan kembali terjadi antara Muslim Palestina dan polisi Zionis Israel di Kompleks Masjid Al-Aqsa, Yerusalem, Jumat (15/4/2022) waktu setempat.

Anadolu Agency
Israel menyerbu masjid di Al-Aqsa - Bulan Ramadhan, 152 Warga Palestina Luka-luka Bentrok dengan Polisi Israel di Masjid Al-Aqsa 

TRIBUNBATAM.id - Ketegangan kembali terjadi antara Muslim Palestina dan polisi Zionis Israel di Kompleks Masjid Al-Aqsa, Yerusalem, Jumat (15/4/2022) waktu setempat.

Al-Aqsa adalah situs tersuci ketiga di Islam dan dihormati oleh orang-orang Yahudi sebagai lokasi kuil kuno.

Israel mengklaim seluruh Yerusalem sebagai ibu kota abadi dan tak terpisahkan dari negara mereka.

Dilaporkan 152 warga Palestina terluka dalam bentrokan dengan polisi Israel, Jumat lalu.

Konflik ini kembali mengingatkan pada bentrokan malam antara warga Palestina dan polisi Israel di bulan puasa.

Saat itu perang Israel-Gaza berlangsung 11 hari yang menewaskan lebih dari 250 warga Palestina di Gaza dan 13 orang di Israel.

Baca juga: Sekte Yahudi Religius Penjaga Kota Jerusalem, Pembenci Israel dan Menentang Zionisme

Baca juga: Israel Coba Mediasi Konflik Rusia - Ukraina, Sebelumnya Ikut Mengutuk Invasi Vladimir Putin

Ketegangan tahun ini telah meningkat di tengah Ramadan yang juga bertepatan dengan perayaan Paskah Yahudi.

Bulan Sabit Merah Palestina menjabarkan, sebagian besar cedera yang diderita warga Palestina disebabkan oleh peluru karet, granat kejut dan pemukulan dengan tongkat polisi.

Kompleks Masjid Al-Aqsa menjadi lokasi paling sensitif dalam konflik Israel- Palestina yang telah berlangsung beberapa generasi.

Pasukan keamanan Israel telah dalam siaga tinggi setelah serangkaian serangan jalanan yang mematikan di seluruh negeri selama dua pekan terakhir.

Konfrontasi di kompleks Al-Aqsha di Kota Tua Yerusalem yang bertembok menimbulkan risiko memicu ketegangan kembali ke arah lebih luas seperti perang Gaza tahun lalu.

Kompleks Al-Aqsa berada di atas dataran tinggi Kota Tua Yerusalem Timur, yang direbut oleh Israel dalam perang Timur Tengah 1967, dan dikenal oleh umat Islam sebagai al-Haram al-Sharif, atau Tempat Suci dan bagi orang Yahudi sebagai Kuil Gunung.

Dalam sebuah pernyataan, polisi Israel mengatakan ratusan warga Palestina melemparkan petasan dan batu ke arah pasukan mereka dan menuju area sholat Yahudi di Tembok Barat di Kota Tua setelah Salat Subuh Ramadhan.

Baca juga: Perwira Militer Israel Tewas Ditembak Rekannya Sendiri Ketika Sedang Lakukan Patroli

Baca juga: Lemparan Batu Dibalas Amunisi Aktif, Warga Palestina Bentrok dengan Aparat Israel

Dikatakan polisi Israel, kemudian polisi Israel memasuki kompleks Al-Aqsa untuk "membubarkan dan mendorong kembali (kerumunan dan) memungkinkan jamaah lainnya meninggalkan tempat itu dengan aman", menambahkan bahwa tiga petugas terluka dalam bentrokan tersebut.

Halaman
12
Sumber: Kontan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved