Breaking News:

BSI Area Kepri Jalin Kerjasama dengan Kemenag Kepri

Bank Syariah Indonesia (BSI), Tbk Area Kepulauan Riau melakukan kerjasama dengan Kementerian Agama (Kemenag) Kanwil Kepulauan Riau

Penulis: Roma Uly Sianturi | Editor: Tri Indaryani
Ist
Bank Syariah Indonesia (BSI), Tbk area Kepulauan Riau melakukan kerjasama dengan Kementerian Agama Kanwil Kepulauan Riau. 

BATAM, TRIBUNBATAM.id -  Bank Syariah Indonesia (BSI), Tbk Area Kepulauan Riau melakukan kerjasama dengan Kementerian Agama (Kemenag) Kanwil Kepulauan Riau.

Dalam hal ini penandatangannya dilakukan oleh Kepala Kementerian Agama Kanwil Kepulauan Riau, Dr. H. Mahbub Daryanto, M.Pd.I. dengan Area Manager Bank Syariah Indonesia Area Kepulauan Riau, Ega Gardewa.

"BSI ini adalah merger dari 3 Bank Syariah terbesar, salah satunya Bank Syariah Mandiri. Merujuk Peraturan Kementerian Keuangan melalui PMK Nomor 11 Tahun 2016, BSI sudah bisa mengelola penyaluran gaji ASN, Prajurit TNI, dan Anggota Polri. Kerjasama yang kita lakukan tadi tidak keluar dari situ. Jadi kita mengelola keuangan dari Satuan Kerja masing-masing salah satunya Kemenag yang bersifat vertikal," ujar Area Manager Bank Syariah Indonesia Area Kepulauan Riau, Ega Gardewa, Senin (18/4/2022).

Kedepan, lanjut Ega, BSI yang akan mengelola payrollnya, rekening operasional, dan lain sebagainya.

Kerjasama ini dilakukan sebagai kelanjutan dari Nota Kesepahaman Antara Kementerian Agama Republik Indonesia dan PT. Bank Syariah Indonesia, Tbk.

Penanda tanganannya dilakukan pada tanggal 2 Februari 2022 lalu oleh Yaqut Cholil Qoumas (Menteri Agama Republik Indonesia) dan Hery Gunardi (Direktur Utama PT. Bank Syariah Indonesia, Tbk).

BSI sendiri sebelumnya bersama Direktorat Jenderal Perbendaharaan (Kementerian Keuangan RI) telah menandatangani Perjanjian Kerja Sama Pengelolaan Rekening Pemerintah Milik Kementerian Negara/Lembaga/Satuan Kerja Pada Bank Umum/Kantor Pos pada tanggal 30 Juni 2021.

BSI bersama Direktorat Jenderal Perbendaharaan (Kementerian Keuangan RI) juga telah menandatangani Perjanjian Kerja Sama Penyaluran Gaji Aparatur Sipil Negara/Prajurit TNI/Anggota Kepolisian RI, Pejabat Negara, dan Pegawai Pemerintah Secara Terpusat pada tanggal 29 November 2021.

Seperti diketahui, BSI ini adalah bank hasil merger tiga bank syariah milik Badan Usaha Milik Negara (BUMN), yaitu Bank Syariah Mandiri, BRI Syariah, dan BNI Syariah.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kepulauan Riau Dr. H. Mahbub Daryanto, M.Pd.I berharap kerjasama dengan BSI ini menumbuhkan kepercayaan masyarakat kepada keuangan syariah.

Bahkan pihaknya akan menyalurkan bantuan melalui BSI.

"Sinergi ini akan terjalin. BSI ini akan membantu. Kita juga bisa kolaborasi kegiatan-kegiatan yang ada di Kepri," ujarnya.

Penandatanganan kerjasama ini dilakukan saat penutupan Kemenag Kepri Expo 2022 di Dataran Welcome To Batam (WTB), Kota Batam, Kepulauan Riau. Penutupan ini dilakukan secara resmi oleh Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Marwan Dasopang.

"Kegiatan ini sangat membantu masyarakat kita terutama yang kurang mampu untuk menjadi pengusaha-pengusaha baru. Produk kemasyarakatan seperti ini dan sertifikasi halal nilainya naik. Produk rumahan itu menjadi elit bisa diletakkan dietalase high class," kata Marwan. (TRIBUNBATAM.id/Roma Uly Sianturi)

Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved