Breaking News:

Siapkan SDM PDAM Yang Unggul, Kolaborasi Dengan Program Capacity Building ATB

Salah satu sektor pelayanan publik yang dituntut untuk terus meningkatkan kualitas SDM untuk menunjang performa adalah sektor air minum

ist
Presiden Direktur ATB, Benny Andrianto saat ATB memberikan program pendampingan di PDAM Tirta Daroy Banda Aceh 

TRIBUNBATAM.id - Kebutuhan akan Sumber Daya Manusia (SDM) yang bermutu kian penting di tengah bertumbuhnya kebutuhan akan pelayanan pelanggan prima. Karena itu, program peningkatan kapasitas SDM yang berkesinambungan jadi kebutuhan krusial bagi perusahaan.

Apalagi perusahaan pelayanan publik harus berupaya semaksimal mungkin untuk menghindari kendala yang semakin kompleks dengan tingkat variasi, intensitas, dan cakupan yang mungkin belum pernah ditemui.

“Tuntutan ini membuat SDM di sektor pelayanan publik harus semakin tangguh,” ujar Head of Corporate Secretary PT Adhya Tirta Batam (ATB), Maria Jacobus.

Salah satu sektor pelayanan publik yang dituntut untuk terus meningkatkan kualitas SDM untuk menunjang performa adalah sektor air minum. Pasalnya, sektor ini jadi salah satu indikator penting bagi kemajuan sebuah negara.

“Salah satu indikator negara yang maju adalah tersedianya air minum yang aman dan sanitasi yang layak bagi masyarakatnya,” jelasnya.

Karena itulah SDM di sektor pelayanan air minum harus dipersiapkan agar menjadi lebih tangguh dan sanggup bekerja dengan cara-cara baru, memiliki kecakapan tinggi, serta memiliki kualitas kerja yang handal.

“Jika SDM lemah, maka perkembangan perusahaan dapat terhambat dan produktivitasnya menjadi terbatas,” ungkapnya.

ATB sendiri telah menjadi salah satu acuan bagi BUMD Air Minum di Indonesia. Perusahaan yang telah berpengalaman ngelola air bersih di kota Batam selama 25 tahun ini banyak membagikan pengalamannya melalui berbagai program.

Saat ini, transformasi “ATB For Indonesia” juga akan memberikan dampak upaya peningkatan kapasitas SDM industri air bersih di Indonesia. Melalui program Capacity Building, ATB berkontribusi untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuannya guna mendorong performa layanan air bersih di daerahnya masing-masing.

Head of Corporae Secretary ATB, Maria Jacobus saat memberikan bimbingan kepada Perumda Tirta Pase Kabupaten Aceh Utara dalam program Capacity Building.
Head of Corporae Secretary ATB, Maria Jacobus saat memberikan bimbingan kepada Perumda Tirta Pase Kabupaten Aceh Utara dalam program Capacity Building. (ist)

“Program ini memberikan panduan dan strategi praktis guna meningkatkan kinerja SDM,” jelas Maria.

Ada beberapa manfaat yang akan dirasakan oleh BUMD Air Minum yang mengikuti program Capacity Building ATB. Salah satunya peningkatan kompetensi yang berkelanjutan. Selain itu, SDM yang ikut dalam program ini akan lebih tanggap terhadap masalah.

“Dengan SDM yang unggul akan membuat proses operasional perusahaan menjadi lebih mudah dan cepat sehingga efisien dari sisi waktu. Perusahaan juga dapat mengoptimalkan biaya operasional menjadi lebih hemat dan efektif,” jelasnya.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Program Capacity Building ATB, dapat menghubungi Marcom Capacity Building ATB: 08126106116 (Tatot Tri Parijanto), 08117003272 (Dona) email ATB: corporate.secretary@atbbatam.com. (*)

Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved