Breaking News:

DISKOMINFOTIK ANAMBAS

Peringatan HKB Nasional, BPBD Anambas Akan Gelar Apel dan Vaksinasi Covid-19

Kalak BPBD Anambas Syarif Ahmad sebut, pada peringatan HKB Nasional besok, pihaknya akan menggelar apel dan vaksinasi covid-19

tribunbatam.id/Noven Simanjuntak
Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Kabupaten Kepulauan Anambas Syarif Ahmad 

ANAMBAS, TRIBUNBATAM.id - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kepulauan Anambas akan melakukan serangkaian kegiatan pada peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) Nasional yang jatuh pada tanggal 26 April 2022 (besok).

Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Anambas Syarif Ahmad mengatakan, HKB Nasional yang diperingati setiap tahunnya itu akan dilaksanakan secara serentak di tiap kabupaten/kota se-Indonesia.

"Setiap tanggal 26 kami melaksanakan apel dalam rangka Hari Kesiapsiagaan Bencana. Untuk tahun ini, kami tak ingin hanya melakukan apel saja, tetapi kami juga ingin memberikan sosialisasi dan edukasi tentang kesiapsiagaan bencana kepada masyarakat," ujarnya, Senin (25/4/2022) di ruang kerjanya.

Ia menerangkan, pada kegiatan Hari Kesiapsiagaan Bencana besok, pihaknya telah mendirikan tenda dan akan membunyikan sirine.

"Kenapa ada tenda di situ, ya itu show off untuk membuktikan jika terjadi bencana kita butuh tenda. Ya kita sudah punya dan respon time mendirikannya juga cepat lebih kurang 1 jam," ujar Syarif.

"Dan untuk sirine TNI AL itu sebagai penanda jika sedang terjadi bencana di daerah itu, tetapi sirine besok hanya simulasi saja sebagai bentuk edukasi kepada masyarakat," sambungnya.

Masih dalam rangkaian HKB Nasional, pihaknya bersama instansi terkait juga akan menyelenggarakan kegiatan vaksinasi Covid-19 di Taman Bermadah.

Dalam kegiatan vaksinasi itu, akan ada pemberian sembako gratis berupa minyak goreng guna merangsang ketersediaan masyarakat untuk mengikuti vaksinasi.

Baca juga: Basarnas Natuna Sebar Personel Sampai Anambas, Pastikan Lebaran 1443 H Berjalan Lancar

Baca juga: Ketika Mualaf di Anambas Merasakan Berkah Ramadhan

"Jadi sebagai bentuk kesiapsiagaan terhadap pandemi Covid-19, maka kita laksanakan juga vaksinasi sekaligus pemberian sembako kepada peserta yang telah mendaftar," terangnya

Terakhir, Syarif berharap dengan peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana tahun ini, seluruh elemen yang ada di Anambas bisa saling bersinergi dan bekerja sama dalam mencegah dan menghadapi bencana.

"Jadi jika ada bencana terjadi, itu bukan hanya tugas BPBD, tetapi seluruh elemen juga perlu bahu-membahu mengantisipasi dan memberikan pertolongan," tukasnya.

(Tribunbatam.id/Noven Simanjuntak)

Baca juga Berita Tribun Batam lainnya di Google

Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved