Breaking News:

Ingin Wujudkan Pelayanan Pelanggan Prima? Ini Kisi-kisinya Dari ATB

Kualitas pelayanan pelanggan yang baik akan menciptakan pelanggan yang loyal dan memberikan nilai tambah bagi perkembangan bisnis perusahaan.

ist
Kualitas pelayanan akan menjadi salah satu yang mempengaruhi performa bisnis 

TRIBUNBATAM.id - Kualitas pelayanan akan menjadi salah satu yang mempengaruhi performa bisnis. Kualitas pelayanan pelanggan yang baik akan menciptakan pelanggan yang loyal dan memberikan nilai tambah bagi perkembangan bisnis perusahaan.

Karena itu, performa pelayanan pelanggan yang optimal menjadi salah satu hal yang harus mendapat perhatian serius, terutama bagi perusahaan pelayanan publik seperti BUMD Air Minum. Apalagi Perkembangan zaman mempengaruhi perilaku konsumen, sehingga tingkat kepuasan pelanggan juga bergeser terus menerus.

Lalu, bagaimana langkah tepat yang harus dijalankan oleh perusahaan air bersih untuk meningkatkan kualitas pelayanan pelanggan di era modern saat ini? Berikut beberapa kisi-kisi dari PT Adhya Tirta Batam (ATB):

Responsif

Aspek ini mencerminkan kemampuan untuk mengambil langkah dengan segera untuk membantu pelanggan, dan memenuhi kebutuhan mereka. Pelayanan pelanggan harus mampu cepat dalam menjawab dan merespon keinginan pelanggan, serta tanggap yang artinya bertindak tepat sesuai yang diinginkan pelanggan.

Tunjukan Empati

Empati adalah salah satu kunci penting yang harus ditunjukan petugas pelayanan pelanggan. Aspek ini berkaitan dengan kepedulian dan perhatian yang diberikan kepada pelanggan. Salah satu hal yang dapat dilakukan dalam menunjukan empati adalah mendengarkan keluhan pelanggan. Empati akan memberikan kesan dan pengalaman positif bagi pelanggan.

Mencari Solusi Tepat

Solusi adalah inti dari pelayanan pelanggan. Layanan yang dianggap berhasil bila mampu memberikan solusi. Karena tak banyak pelanggan yang bisa dipuaskan hanya dengan sapaan, senyuman dan keramahtamahan. Mereka mencari solusi atas kebutuhan dan masalah yang sedang dihadapi. Menurut salah satu penelitian, 70 persen pelanggan akan setia jika masalah dan keluhan mereka ditangani dengan solsui yang cepat dan tepat.

Peningkatan Kualitas SDM

Sumber Daya Manusia (SDM) yang terlatih menjadi salah satu syarat bagi pelayanan pelanggan prima. Perkembangan ekspektasi pelanggan terhadap sebuah layanan prima menuntut SDM pelayanan pelanggan terus menerus diupgrade. Agenda pelatihan rutin harus menjadi bagian tak terpisahkan dari strategi peningkatan kualitas pelayanan pelanggan, agar mampu beradaptasi dengan dinamika kebutuhan pelanggan.

Melihat pentingnya peran SDM dalam pelayanan pelanggan, khususnya industri air bersih, ATB merumuskan sejumlah program. Salah satunya adalah program Capacity Building: Peningkatan Kapasitas SDM Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM).

Melalui program tersebut, ATB membantu perusahaan untuk mengembangkan kemampuan dan keterampilan karyawan, juga menemukan dan mengeluarkan potensi yang ada pada karyawan sebagai pengembangan personal.

“Perusahaan harus berani berinvestasi untuk terus meningkatkan keahlian sumber daya manusianya. Karena karyawan adalah aset terbesar perusahaan untuk tumbuh dan berkembang,” imbuhnya.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Program Capacity Building ATB, dapat menghubungi Marcom Capacity Building ATB: 08126106116 (Tatot Tri Parijanto), email ATB: corporate.secretary@atbbatam.com (*)

Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved