Breaking News:

DISKOMINFOTIK ANAMBAS

Bupati Anambas Terbitkan Edaran Soal Perayaan Idul Fitri 2022, Pawai Takbir Diizinkan

Bupati Anambas Abdul Haris terbitkan surat edaran tentang perayaan Idul Fitri 2022. Di antaranya, mengizinkan kegiatan pawai takbir dengan prokes

tribunbatam.id/istimewa
Surat Edaran (SE) No : 28/Kdh.KKA.680/04.2022 Tentang Perayaan Idul Fitri 1443 H/2022 di Kabupaten Kepulauan Anambas 

ANAMBAS, TRIBUNBATAM.id - Tak lama lagi bulan Ramadhan akan berakhir. Segenap umat Islam pun akan menyambut Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah/2022 yang akan tiba kurang dari sepekan.

Terkait hal ini, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) akhirnya mengizinkan adanya pelaksanaan sejumlah kegiatan dalam perayaan hari kemenangan itu.

Izin itu tertuang dalam Surat Edaran (SE) No : 28/Kdh.KKA.680/04.2022 yang ditanda tangani langsung atas nama Bupati Kepulauan Anambas, Abdul Haris.

Keputusan itu diambil dengan berpedoman pada Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 23 Tahun 2022 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 3, Level 2 dan Level 1 serta Mengoptimalkan Posko Penanganan Corona Virus Disease 2019 di Tingkat Desa dan Kelurahan untuk Pengendalian Penyebaran Corona Virus Disease 2019 di wilayah Sumatera, Nusa Tenggara, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, dan Papua.

Selanjutnya Surat Edaran Menteri Agama Nomor 08 Tahun 2022 tentang Panduan Penyelenggaraan Ibadah Pada Bulan Ramadhan dan Idul Fitri Tahun 1443 H/2022 dan Surat Edaran Menteri Dalam Negeri Nomor 003/2219/SJ tentang Pelaksanaan Halal Bihalal Pada Perayaan Idul Fitri Tahun 1443 H/2022.

Tercatat pada pelaksanaan kegiatan Halal Bihalal/Open House nanti maksimal jumlah tamu yang hadir sebesar 100 persen (seratus persen) dari kapasitas.

"Untuk kegiatan Halal Bihalal/Open House dengan jumlah di atas 100 (seratus) orang, makanan/minuman disediakan dalam kemasan yang bisa dibawa pulang dan tidak diperbolehkan ada makanan/minuman yang disajikan di tempat (prasmanan)," isi SE Bupati Anambas.

Ditegaskan pula agar tetap melaksanakan protokol kesehatan secara lebih ketat, sekurang-kurangnya memakai masker, mencuci tangan/menggunakan hand sanitizer secara berkala, serta menjaga jarak.

Baca juga: Hadapi Arus Mudik Lebaran, Polres Anambas Dirikan Pos Pengamanan di Pelabuhan Tarempa

Baca juga: Jelang Lebaran 2022, Bank Indonesia Kepri dan Pemkab Anambas Pantau Harga Komoditas Pangan

"Untuk kegiatan pawai takbiran tahun ini juga diizinkan dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan secara lebih ketat sekurang-kurangnya memakai masker, mencuci tangan/menggunakan hand sanitizer secara berkala, serta menjaga jarak," terang Haris dalam SE itu.

Selain itu, masyarakat diimbau untuk mengumandangkan takbir pada malam Idul Fitri Tahun 1443 H/2022 di masjid, mushola ataupun di rumah masing- masing.

Lebih lanjut dalam SE itu, Salat Idul Fitri I Syawal 1443 H/2022 dapat dilaksanakan di masjid atau lapangan terbuka dengan memperhatikan protokol kesehatan.

"Demikian disampaikan untuk menjadi perhatian dan dilaksanakan dengan sebaik-baiknya," kata Haris menutup SE itu. (Tribunbatam.id/Noven Simanjuntak)

Baca juga Berita Tribun Batam lainnya di Google

Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved