Breaking News:

BERITA CHINA

China Kirim Kapal Perang ke Wilayah Sengketa dengan Jepang, Asia Timur Memanas!

Tokyo protes ke China setelah pada tanggal 9 Mei lalu dua kapal China memasuki perairan teritorial Kepulauan Senkaku di Laut China Timur

nhk
Ilustrasi - Kapal penjaga pantai Jepang usir kapal penjaga pantai China di perairan Kepulauan Diaoyu (Senkaku), Laut China Timur, 2018 

TRIBUNBATAM.id - China yang kini dipimpin Xi Jinping tampaknya terus mendapat protes dari banyak negara, dan tidak melulu dari Barat dan India.

Militer laut Beijing terus berekspansi tak hanya di Laut China Selatan, di mana kini sudah menjelajah di Laut China Timur.

Yang terbaru adalah Tokyo yang melakukan protes ke China, setelah pada tanggal (9/5), dua kapal China memasuki perairan teritorial Kepulauan Senkaku di Laut China Timur yang dikelola Jepang.

Menurut laporan, pihak berwenang Jepang langsung mengirim kapal patroli ke daerah itu untuk melindungi kapal nelayanyang didekati oleh kapal China.

Ini adalah kali ketujuh sejak awal tahun ini Jepang menuduh China melanggar wilayah perairannya.

Adapun insiden terbaru terjadi pada (12/5/2022), yang terjadi sepekan setelah China mengirim delapan kapal perang yang dipimpin kapal induk Liaoning melalui selat sempit antara Jepang.

NHK mengutip pejabat dari Penjaga Pantai Jepang yang mengatakan bahwa sekitar pukul 7 pagi waktu setempat, kapal-kapal China memasuki perairan hanya 13 mil tenggara dari Pulau Minami Kojima.

Baca juga: Terbaru dari China, Penggunaan Komputer Merek Asing Dilarang! Beijing Mulai Kampanye Teknologi Lokal

Baca juga: India, China dan Thailand Jadi Korban Setelah Presiden Indonesia Larang Ekspor CPO

Pers China mengatakan operasi itu "persiapan untuk misi, termasuk kemungkinan konflik militer di Selat Taiwan".

Pada 9 Mei lalu, militer China mengumumkan angkatan bersenjatanya melakukan latihan di dekat pulau Taiwan ( China) pekan lalu untuk meningkatkan keterampilan kerja sama.

Taiwan mengeluh bahwa China terus-menerus melakukan tekanan militer di dekat pulau itu dalam dua tahun terakhir.

Adapun pada 6 Mei lalu, Taipei mengirim pasukan untuk mengusir 18 pesawat militer Beijing yang memasuki zona identifikasi pertahanan udara di wilayah selatan dan barat daya.

Selama 2 hari terakhir dalam sepekan, Taiwan terus menuduh pesawat China memasuki zona identifikasi pertahanan udara, tetapi dengan jumlah yang lebih kecil.

Dalam pengumumannya, Komando Teater Timur Tentara Pembebasan Rakyat mengatakan angkatan laut dan udaranya berlatih dari 6 hingga 8 Mei di wilayah timur dan barat daya Taiwan untuk "mengendalikan penyelidikan dan meningkatkan kemampuan untuk bekerja sama dengan banyak pasukan dan senjata".

Baca juga: Susul Rusia, China Uji Senjata Mengerikan, Beri Pesan ke AS Jangan Ikut Campur Urusan Mereka?

Baca juga: Pernah Dikirim Ancam China! Kapal Selam Nuklir Mengerikan Milik AS Ini Bawa Ratusan Rudal Jelajah

Kementerian Pertahanan Taiwan mengatakan bahwa Beijing mengirim pesawat pengebom, jet tempur, dan pesawat anti-kapal selam untuk berpartisipasi dalam latihan ini.

.

.

.

(TRIBUNBATAM.id)

Sumber: Intisari

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved