Breaking News:

INFO CUACA

Info Cuaca Besok Pulau Bintan, Termasuk Tanjung Pinang, Lagoi, Kijang hingga Tanjunguban!

Berikut info cuaca besok termasuk prakiraan kondisi cuaca dari BMKG untuk wilayah Pulau Bintan dan sekitarnya.

TribunBatam.id/Alfandi Simamora
Pemilik rumah warga Kampung Kawal Pantai RT03/RW01 Kelurahan Kawal, Kecamatan Gunung Kijang, Kabupaten Bintan, Kepri, M Saleh (73) melihat kondisi rumahnya yang rusak tertimpa pohon akibat cuaca ekstrem, Rabu (6/4/2022). 

KEPRI, TRIBUNBATAM.id - Berikut prakiraan cuaca untuk Pulau Bintan dan sekitarnya dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Raja Haji Fisabilillah (RHF) Tanjungpinang.

Info cuaca ini juga berlaku untuk wilayah seperti Tanjungpinang, Tanjunguban, Lagoi dan sejumlah daerah lain di Pulau Bintan, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

Prakiraan cuaca BMKG ini berlaku untuk beberapa hari kedepan sejak 14 Mei 2022.

Secara umum, analisis dinamika, Suhu muka laut (Sea Surface Temperature atau SST) per tanggal 12 Mei 2022 di sekitar Perairan Kepulauan Riau khususnya di Perairan Pulau Bintan umumnya masih dalam kondisi yang hangat berkisar antara 29 - 31°C.

Serta anomali SST di wilayah perairan Pulau Bintan yang bernilai antara -0.5 s.d. 0.5 °C.

Indeks ENSO terupdate bernilai -1.31 dan dalam kondisi La Nina Moderat, sehingga cukup berpengaruh terhadap aktivitas konveksi di wilayah Pulau Bintan.

Baca juga: Kemah Sejoli Berubah Mencekam, Remaja Tewas Tersambar Petir, Main Ponsel saat Cuaca Buruk

Baca juga: India Larang Ekspor Gandum Akibat Cuaca Ekstrem, Pengamat: Awas Stabilitas Pangan Indonesia

Diprakirakan kondisi mulai berangsur dari La Nina Lemah hingga netral pada Oktober-November - Desember 2022.

"Indeks Dipole Mode (DMI) terupdate masih bernilai +0.01, yaitu dalam kondisi Netral. Kondisi tersebut tidak berpengaruh terhadap peningkatan suplai uap air dan aktivitas konveksi di wilayah Indonesia bagian barat, khususnya wilayah Pulau Bintan," ujar prakirawan BMKG Tanjungpinang, Vivi Putrima A, Minggu (15/5/2022).

Diterangkan, analisis per-tanggal 12 Mei 2022 menunjukkan MJO aktif di fase 5 sehingga kondisi tersebut tidak berpengaruh terhadap peningkatan pertumbuhan awan konvektif di Indonesia terutama Kepulauan Riau.

Prakiraan Dasarian II Mei 2022, aliran massa udara di wilayah Indonesia diprediksi didominasi oleh angin timuran kecuali di wilayah barat Sumatera.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved