Breaking News:

DISKOMINFO NATUNA

Wakil Bupati Natuna Resmikan Sekretariat Forum Taman Baca Masyarakat, Sebut Soal Tantangan

Di sela peresmian Sekretariat Forum Taman Baca Masyarakat, Wabup Natuna Rodhial Huda singgung soal tantangan besar dan berat yang dihadapi Natuna

Penulis: Muhammad ilham | Editor: Dewi Haryati
tribunbatam.id/istimewa
Wakil Bupati Natuna Rodhial Huda foto bersama di sela-sela peresmian Sekretariat Forum Taman Baca Masyarakat (TBM) Kabupaten Natuna, bertempat di Ruang Aula Sanggar Kegiatan Belajar Natuna (SKB) Padang Kurak, Kecamatan Bunguran Timur, Senin (16/5/2022). 

NATUNA, TRIBUNBATAM.id - Wakil Bupati Natuna Rodhial Huda meresmikan Sekretariat Forum Taman Baca Masyarakat (TBM) Kabupaten Natuna, bertempat di Ruang Aula Sanggar Kegiatan Belajar Natuna (SKB) Padang Kurak, Kecamatan Bunguran Timur, Senin (16/5/2022).

Dalam sambutannya, Wabup Rodhial Huda mengatakan, saat ini Natuna akan menghadapi tantangan yang besar dan berat.

Lantaran Natuna akan menjadi kawasan strategis pembangunan. Oleh karena itu SKB Natuna sangat diperlukan untuk kemajuan daerah Kabupaten Natuna.

Menurutnya, pendidikan non formal seperti itu sangat dibutuhkan. Sebab di saat industri membutuhkan tenaga kerja, tentunya pekerja yang diterima ialah mereka yang memiliki skill dan kualitas.

"Inilah tugas SKB sebagai wadah pendidikan non formal untuk mengajarkan intelektual manusia agar mereka bisa bersaing di dunia kerja," kata Rodhial Huda.

"Kami harap dengan diresmikan Sekretariat Forum Taman Baca Masyarakat Kabupaten Natuna dan SKB Natuna bisa melahirkan orang-orang yang bisa bersaing dalam kemajuan dan perkembangan zaman," harapnya.

Di tempat yang sama, Kepala SKB Natuna, Rika Mulyani menerangkan, SKB Natuna adalah kegiatan belajar pendidikan non formal, yang sudah berdiri sejak tahun 2010 lalu.

Adapun beberapa program di antaranya yaitu pendidikan anak usia dini, dan taman baca masyarakat.

Wakil Bupati Natuna Rodhial Huda saat menunjukkan beberapa buku bacaan
Wakil Bupati Natuna Rodhial Huda saat menunjukkan beberapa buku bacaan (tribunbatam.id/istimewa)


"SKB Natuna diperuntukan untuk masyarakat. Misalnya ada yang putus sekolah, di sini lah SKB Natuna ini membantu masyarakat untuk mendapatkan ilmu seperti dalam keahlian menjahit, dan keterampilan wirausaha. Selain program yang saya sebutkan, ada juga program paket untuk masyarakat yang sudah putus sekolah," kata Rika.

Sementara itu, Ketua PD Forum Taman Baca Masyarakat Kabupaten Natuna, Harken merasa bersyukur. Sebab bantuan berkat Pemerintah Kabupaten Natuna, kini TBM punya tempat pusat, sekretariat.

Baca juga: Dinilai Bikin Resah, Ketua DPRD Natuna Angkat Bicara Soal Tambang Pasir Kuarsa

Baca juga: Bupati Natuna Resmikan Turnamen Futsal Pena Real Madrid, Wan Siswandi Serukan Sportivitas

"Kami mengucapkan terima kepada pemerintah daerah sudah mendukung program kami ini. Perlu diketahui TBM yang kita kenal pasti baca tulis, tapi kami di sini banyak sudah melaksanakan kegiatan lain dalam TBM," ujarnya.

"Salah satunya TBM Pelestarian Satwa Kekah Mekar Jaya, TBM Kompas Benua. Kita fokus dalam mencari kebudayaan dan melestarikan budaya Melayu di Natuna. Ini menandakan bahwa TBM tidak hanya berfokus pada membaca dan menulis, tetapi sudah banyak inovasi program yang dilakukan oleh TBM di Kabupaten Natuna," jelas Harken.

Turut hadir dalam acara tersebut, Ketua DPRD Kabupaten Natuna Daeng Amhar, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Natuna Indra Jhoni, Ketua PD Forum TBM Kabupaten Natuna Harken, Kepala Sanggar Kegiatan Belajar Natuna, Babinkamtibmas Bunguran Timur, Para Guru Sanggar Kegiatan Belajar Natuna, berserta tamu undangan.

(Tribunbatam.id/Muhammad Ilham)

Baca juga Berita Tribun Batam lainnya di Google

Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved