Breaking News:

NATUNA TERKINI

SEJARAH Kota Tua Penagi, Pernah Jadi Pusat Perdagangan di Natuna Ujung Utara Indonesia

Kota Tua Penagi di Kelurahan Batu Hitam, Bunguran Timur, Natuna ternyata pernah menjadi pusat perdagangan di Natuna. Simak sejarahnya.

Penulis: Muhammad ilham | Editor: Tri Indaryani
TRIBUNBATAM.id/Muhammad Ilham
Kota Tua Penagi yang berada di Kelurahan Batu Hitam, Kecamatan Bunguran Timur, Kabupaten Natuna pernah menjadi pusat perdagangan di Natuna, Minggu (22/5/2022). 

NATUNA, TRIBUNBATAM.id - Kota Tua Penagi yang berada di Kelurahan Batu Hitam, Kecamatan Bunguran Timur, Kabupaten Natuna ternyata pernah menjadi pusat perdagangan di Natuna.

Kota tua ini berada di atas laut persis di muara Sungai Belau sehingga rumah warga di sana merupakan rumah panggung yang terbuat dari kayu.

Jika diperhatikan, rumah warga di Kota Tua Penagi berdesain bangunan lama tahun 60-an yang terbuat dari kayu dan masih terjaga dan diwarnai dengan cat berwarna warni.

Jika Anda masuk dari depan, maka akan disambut dengan sebuah gerbang berwarna putih dengan campuran merah lebih sedikit yang berdiri kokoh, di bagian atasnya bertuliskan 'Kota Tua Penagi' dan juga lampu yang dibentuk menyerupai burung Garuda.

Ini juga menjadi pemandangan saat berkunjung ke sana.

Meski penghuninya hanya sekitar seratus kepala keluarga dengan komposisi etnis Melayu dan Tionghoa menjadi mayoritas yang nyaris seimbang di dalamnya.

Kota ini tampak rukun dan damai. Masyarakat di sana hidup berdampingan dengan damai. Hal ini terlihat dari keberadaan Masjid Al Mukarramah yang berdampingan dengan Kelenteng Pu Tek Chi.

Baca juga: DAFTAR Harga Ikan di Dabo Lingga Selama Musim Angin Selatan, Jumlah Terbatas Harga Naik

Baca juga: WISATA Religi di Bintan, Masjid Besar Nurul Iman Suguhkan Arsitektur Unik dengan View Danau

Meskipun terlihat seperti kampung pesisir, Penagi memiliki peranan penting dalam sejarah perkembangan Kabupaten Natuna yang berada di ujung utara Indonesia dan berbatasan langsung dengan Vietnam, Malaysia dan Brunei Darussalam.

Edi Suroso salah satu warga Penagi mengatakan bahwa, Kota Tua Penagi pernah menjadi pusat perdagangan di bawah tahun 2000.

"Iya betul bang, Kota Tua Penagi pernah menjadi pusat perdagangan di Natuna," kata Edi kepada Tribunbatam.id, di Kota Tua Penagi, Minggu (22/5/2022).

Halaman
12
Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved