Breaking News:

Warna Air Sungai Cimeta Berubah Merah, Babinsa dan BPBD Telusuri Sumber Pencemaran

Seorang warga Desa Tagog Apu sempat melihat sebelum dan sesudah air Sungai Cimeta berubah warna jadi merah, Senin (30/5)

Editor: Dewi Haryati
Tribun Jabar/Hilman K
Satgas Citarum Harum saat melakukan pengecekan aliran Sungai Cimeta yang airnya berwarna merah, Senin (30/5/2022). 

BANDUNG BARAT, TRIBUNBATAM.id - Warna air Sungai Cimeta di Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) berubah merah, Senin (30/5/2022).

Belum diketahui pasti apa penyebab warna merah pada sungai itu.

Namun perubahan warna pada air Sungai Cimeta ini terbilang cepat, dari warna sungai pada umumnya hingga menjadi merah.

Pasalnya seorang warga sempat melihat air sungai tersebut sebelum berubah warna.

Sontak saja perubahan air sungai menjadi warna merah itu membuat warga terkejut.

Di lapangan, aliran sungai tersebut terlihat berwarna merah dari mulai Desa Tagogapu hingga Cempaka Mekar atau diperkirakan mencapai 2 kilometer sungai ini tercemar.

Warga Desa Tagog Apu, Ani Mulyani (42) mengatakan, pada pukul 06.00 WIB air di aliran sungai tersebut masih terlihat normal, tetapi tak lama setelah itu tiba-tiba airnya berubah menjadi merah.

"Saya tadi pagi jam 6 lewat warnanya belum merah. Tapi pas saya lewat lagi jam 6 lebih, sudah jadi merah," ujarnya saat ditemui di aliran Sungai Cimeta, Senin (30/5/2022).

Baca juga: Polisi Bebaskan Pencuri Besi Proyek Kereta Api Cepat Jakarta-Bandung, Ini Dasarnya

Baca juga: Pencarian Anak Ridwan Kamil Difokuskan di Antara Dua Area di Sungai Aare Swiss

Kendati demikian, Ani belum mengetahui penyebab air sungai tiba-tiba berubah menjadi warna merah, apalagi kejadian air sungai berubah warna menjadi merah ini baru pertama kali terjadi.

"Saya dari kecil di sini, tapi baru sekarang lihat airnya jadi warna merah," ujar Ani.

Babinsa Desa Campakamekar, Serka Nana Herdiaman mengatakan, pihaknya sudah mendapat laporan pada pagi hari terkait adanya sungai yang berubah warna menjadi merah tersebut.

"Setelah mendapat laporan, kami bersama petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD), aparat desa dan warga melakukan penelusuran mencari sumber pencemaran," katanya.

Ia mengatakan, titik awal sungai ini airnya berwarna merah terjadi dari Desa Tagogapu, tetapi hingga saat ini pihaknya masih menelusuri sumber pencemaran di sungai tersebut.

"Titik awalnya perkiraan berasal dari Desa Tagogapu, namun belum bisa disimpulkan karena masih harus ditelusuri dan didalami oleh Satgas Citarum Harum," ucap Nana.

Menurut Nana, panjang aliran air sungai Cimeta yang tercemar limbah dengan warna merah darah ini sudah lebih dari 2 kilometer dan melintas ke sejumlah desa di Padalarang yang nantinya akan mengalir ke wilayah Cipatat hingga bermuara di Sungai Citarum.

"Yang berwarna merah saat ini sudah sekitar 2 kilometer. Bahkan bisa lebih karena aliran terus mengalir ke arah hilir melintasi Desa Campakamekar, Nyalindung, wilayah Cipatat sampai sungai Citarum," ujarnya. (tribunjabar.id/Hilman Kamaludin)

Baca juga Berita Tribun Batam lainnya di Google

Artikel ini telah tayang di TribunJabar.id dengan judul BREAKING News, Air Sungai Cimeta Bandung Mendadak Berwarna Merah Sepanjang 2 Kilometer, Warga Kaget

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved