Breaking News:

DISKOMINFO NATUNA

Bantu Sembuhkan Penyakit Kronis, Dinkes Natuna dan BPJS Kesehatan Bentuk Club Prolanis di Pulau Tiga

Dinkes Natuna dan BPJS Kesehatan membentuk perkumpulan Club Prolanis di Kecamatan Pulau Tiga, Natuna. Club ini terdapat di setiap desa.

Penulis: Muhammad ilham | Editor: Tri Indaryani
ISTIMEWA
Bupati Natuna, Wan Siswandi saat meresmikan perkumpulan Program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis) di Kecamatan Pulau Tiga, Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau, Minggu (5/6/2022). 

NATUNA, TRIBUNBATAM.id - Guna memastikan kesehatan masyarakat di daerah perbatasan, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Natuna bersama Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan membentuk perkumpulan Program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis) di Kecamatan Pulau Tiga, Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau.

Prolanis sengaja dibentuk agar dapat mengontrol, mengelola penyakit kronis yang diderita masyarakat, seperti hipertensi dan diabetes.

Club atau perkumpulan itu dipimpin oleh Camat Pulau Tiga, Idris dan telah diresmikan langsung oleh Bupati Natuna Wan Siswandi pada Minggu (5/6/2022) pagi di Kecamatan Pulau Tiga.

Bupati Natuna dalam sambutanya mengatakan, kesehatan dan pendidikan merupakan program utama di masa kepemimpinannya.

Terkait itu, beberapa upaya telah dilakukan seperti pembayaran tanggungan iuran BPJS Kesehatan dan pengembalian biaya hidup untuk masyarakat yang berobat keluar Daerah Natuna.

Baca juga: Peringati Hari Lingkungan Hidup, Bupati Natuna Menanam Pohon dan Ajak Masyarakat Lestarikan Alam

Baca juga: Wakil Gubernur Kepri Ajak Masyarakat Batam Gunakan Pembungkus yang Ramah Lingkungan

Bupati Natuna resmikan perkumpulan program pengelolaan penyakit kronis di Pulau Tiga
Bupati Natuna Wan Siswandi saat meresmikan perkumpulan Program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis) di Kecamatan Pulau Tiga, Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau, Minggu (5/6/2022).

"Sekitar 68 ribu jiwa sudah ditanggung Pemkab," kata Wan Siswandi.

Tidak berhenti di situ, saat ini Pemkab Natuna juga tengah memperjuangkan peningkatan status Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dari tipe C ke tipe B.

Dengan peningkatan tipe tersebut pelayanan kesehatan lebih lengkap dan masyarakat tidak perlu berobat di luar daerah lagi.

"Dengan peningkatan tipe C ke B ini diharapkan pengobatan penyakit tertentu dapat diatasi di RSUD Natuna," ujarnya.

Sementara itu Camat Pulau Tiga, Idris mengatakan, tujuan dari pembentukan kelompok tersebut guna mengatasi penyakit kronis yang diderita oleh warga.

Halaman
12
Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved