Breaking News:

ANAMBAS TERKINI

Gesa Kepulauan Jemaja Jadi Kabupaten, BP2KKJ Serahkan Proposal ke DPRD Anambas

Penyampaian usulan proposal pemekaran Kabupaten Kepulauan Jemaja tersebut merupakan tindaklanjut hasil rapat Musyawarah Besar pada 22 Mei 2021 lalu

tribunbatam.id/Noven Simanjuntak
Puluhan masyarakat Kepulauan Jemaja yang tergabung dalam Badan Perjuangan Pembentukan Kabupaten Kepulauan Jemaja (BP2KKJ) bertandang ke kantor DPRD Kabupaten Kepulauan Anambas menyampaikan proposal usulan pemekaran Kabupaten Kepulauan Jemaja, Senin (6/6/2022). 

ANAMBAS, TRIBUNBATAM.id - Puluhan masyarakat Kepulauan Jemaja yang tergabung dalam Badan Perjuangan Pembentukan Kabupaten Kepulauan Jemaja (BP2KKJ) bertandang ke Kantor DPRD Kabupaten Kepulauan Anambas, Senin (6/6/2022).

Kunjungan itu dalam rangka audiensi sekaligus penyampaian proposal usulan pemekaran Kabupaten Kepulauan Jemaja kepada DPRD Anambas.

Pantauan Tribunbatam.id, rapat dipimpin oleh Wakil Ketua I DPRD Anambas Syamsil Umri, didampingi Wakil Ketua II Firdian Syah bersama Asisten I Setdakab Anambas Herianto.

Ketua Harian BP2KKJ Efeyuzar mengatakan, audiensi dan penyampaian usulan proposal pemekaran Kabupaten Kepulauan Jemaja tersebut merupakan tindaklanjut hasil rapat Musyawarah Besar pada 22 Mei 2021 lalu.

"Kedatangan kita hari ini adalah bagian untuk meminta persetujuan atau pun rekomendasi dari dewan dan ini adalah lanjutan dari Mubes kita sebelumnya," ujarnya.

Ia mengungkapkan, inisiasi pemekaran wilayah ini adalah keinginan murni dari masyarakat yang telah berlangsung lama, guna memisahkan diri dari Kabupaten Kepulauan Anambas karena adanya ketidakadilan yang dirasakan.

Disampaikan, selama Kabupaten Kepulauan Anambas berdiri, sejumlah kecamatan yang berada pada garis wilayah Kepulauan Jemaja juga belum merasakan dampak pembangunan.

"Tujuan kita, jelas ingin mekar dan mengelola sendiri wilayah Kepulauan Jemaja. Kita merasa selama ini mengalami ketertinggalan dibanding beberapa kecamatan lainnya seperti Palmatak dan Siantan," ungkapnya.

Baca juga: Kepulauan Jemaja di Anambas Digagas Jadi Kabupaten Baru, Ini Kata Inisiatornya

Setelah penyampaian ke DPRD Anambas, pihaknya juga akan melayangkan usulan proposal tersebut ke Pemerintah Kabupaten Anambas untuk nantinya menjadi syarat pengajuan ke tingkat provinsi.

"Ke depannya kita akan menunggu surat persetujuan atau rekomendasi dari DPRD Anambas dan setelah ini kita akan sampaikan juga ke Pemerintah Kabupaten Anambas untuk menjadi persyaratan pengajuan ke DPRD Provinsi dan Gubernur," terangnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved