Breaking News:

Dispar Lingga dan Tanjabtim Kolaborasi Kembangkan Pariwisata via Penjualan Paket Tour

Kadispar Lingga, Zalmidri optimistis jika dikemas oleh travel agen, jumlah wisatawan dari Jambi yang berkunjung ke Pulau Berhala lebih banyak lagi

Penulis: Febriyuanda | Editor: Dewi Haryati
tribunbatam.id/istimewa
Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Lingga, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) melakukan diskusi dengan Dispar Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim) baru-baru ini 

LINGGA, TRIBUNBATAM.id - Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Lingga, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) melakukan pertemuan dengan Dispar Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim) baru-baru ini.

Pertemuan itu juga mengundang asosiasi pariwisata Provinsi Jambi. Mereka berdiskusi terkait upaya meningkatkan kunjungan wisatawan melalui penjualan paket tour dari Jambi.

Yakni melalui pintu masuk Kampung Laut dan Nipah Panjang Tanjabtim untuk menuju Pulau Berhala serta Dabo Singkep dan sekitarnya.

Kerja sama antar dua daerah ini bukan hanya sekali ini saja, namun memang sudah sering terjalin untuk memajukan pariwisata.

"Dan ini telah lama terjalin berapa tahun silam, tapi sempat terhenti sejak pandemi covid-19," kata Kepala Dispar Lingga, Zalmidri, Rabu (15/6/2022).

Zalmidri mengatakan, Pulau Berhala memiliki daya tarik tersendiri bagi para wisatawan Jambi.

Hal ini dapat dilihat dari banyaknya kunjungan selama Lebaran Idul Fitri.

"Sebanyak 2.800 pengunjung dan ini dapat dilihat dari penjualan tiket masuk retribusi. Jika ini benar-benar dikemas oleh travel agen diperkirakan jumlah wisatawan yang datang lebih meningkat lagi dan Pendapatan Asli Daerah dari sektor pariwisata meningkat," ungkapnya.

Baca juga: Pemkab Lingga Gelar Rakor Undang Sub Penyalur Bio Solar, Satukan Persepsi Soal Kuota BBM

Baca juga: Calon Mahasiswa Berburu Program Beasiswa Politeknik Lingga, Hanya untuk 90 Orang

Selain itu, diskusi tersebut juga berupaya agar para wisatawan di Lingga bisa menambah rute lagi ke Pulau Napau, Alang Tiga dan ke Dabo Singkep.

Sementara itu, Kadisparbudpora Tanjabtim, Zeki Zulkarnain mengucapkan terima kasih kepada Pemda Lingga, atas terselenggaranya diskusi santai yang melibatkan praktisi travel agen Jambi.

"Insya Allah dengan pertemuan ini lebih mempererat kerjasama di bidang pariwisata antar dua daerah, dalam upaya meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat. Dan ini bukan awal dalam peningkatan dan pengembangan destinasi wisata," tutur Zulkarnain.

Di tempat yang sama, Taufik Hidayat dari Astindo menyambut baik diskusi ini.

"Apalagi tadi kami mendengar ada Gunung Daik, Bukit Permata yang bisa di jadikan objek wisata minat khusus. Kita semua tahu Kabupaten Lingga banyak potensi wisatanya baik itu wisata sejarah, religi dan alam dan suatu potensi yang dapat kami informasikan kepada para wisatawan agar dapat berkunjung ke Lingga," ungkapnya. (*/TribunBatam.id/Febriyuanda)

Baca juga Berita Tribun Batam lainnya di Google

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved