Breaking News:

ANAMBAS TERKINI

Info Cuaca - Hingga 23 Juni, BMKG Memprediksi Anambas Berpeluang Hujan Ringan hingga Sedang

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Tarempa merilis prakiraan cuaca untuk wilayah Kepulauan Anambas selama satu minggu ke depan.

DOK TRIBUNWOW
Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Tarempa merilis prakiraan cuaca untuk wilayah Kepulauan Anambas selama satu minggu ke depan. Ilustrasi Info Cuaca di Kepri 

ANAMBAS, TRIBUNBATAM.id - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Tarempa merilis prakiraan cuaca untuk wilayah Kepulauan Anambas selama satu minggu ke depan.

Diketahui, suhu muka laut (Sea Surface Temperature atau SST) di sekitar Perairan Kepulauan Anambas
umumnya masih dalam kondisi yang hangat berkisar antara 30 - 32°C dan anomali SST di wilayah perairan Kepulauan Anambas cenderung bersifat netral yang bernilai antara 0.0 sampai dengan +1.0°C.

Indeks ENSO terupdate bernilai -0.43 dan dalam kondisi La Nina, sehingga memberikan dampak terhadap peningkatan aktivitas konveksi dan peningkatan curah hujan di wilayah Indonesia.

"Indeks Dipole Mode (DMI) terupdate bernilai -0.37 yang menunjukkan kondisi Netral sehingga tidak berpengaruh terhadap peningkatan aktivitas konveksi di wilayah Indonesia bagian barat," ujar prakirawan, M Apdillah Akbar, Jumat, (17/6/2022).

Disampaikan pula, analisa kelembapan udara relatif (relative humidity) pada Dasarian I Juni 2022, kelembapan udara relatif (relative humidity) pada lapisan permukaan umumnya di atas 85 persen. 

Pada lapisan 850 mb, kelembaban udara umumnya di atas 70%, sedangkan pada lapisan 700 mb umumnya berkisar 30 - 75% kecuali di sebagian besar Sumatera.

Baca juga: Syarat dan Cara Daftar Pemantau Pemilu 2024 ke Bawaslu Lingga 

Baca juga: HARGA Tiket Ferry Batam - Singapura PP Naik Rp 300 Ribu, Gubernur Takut Wisman Pilih Destinasi Lain

Angin Monsun Asia Pada Dasarian I Juni 2022 aktif dan diprediksi tetap aktif hingga Dasarian II Juni 2022 dan pada dasarian III Juni dan I Juli diprediksi tidak aktif.

Angin Monsun Australia pada Dasarian I Juni 2022 aktif dan diprediksi tetap aktif hingga Dasarian I Juli 2022. 

Monsun Australia membawa massa udara dingin dan relatif lebih kering. 

"Aliran massa udara di wilayah Indonesia didominasi oleh angin timuran kecuali wilayah Sumatera bagian utara. Terdapat belokan angin di sekitar Kepulauan Bangka Belitung. Pola siklonik terbentuk di wilayah barat Sumatera dan Kepulauan Riau," terangnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved