Breaking News:

NATUNA TERKINI

Jelang Pemilu 2024, Ada 53.451 Warga Natuna Terdata sebagai Pemilih pada Mei 2022

Setiap bulannya KPU Natuna membarui data pemilih untuk pemilu 2024. Sebagai catatan pada Mei 2022, jumlah pemilih di Natuna tercatat 53.451 jiwa

Penulis: Muhammad ilham | Editor: Dewi Haryati
tribunbatam.id/Muhammad Ilham
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Natuna, Junaidi Abdillah saat diwawancarai belum lama ini. Junaidi sebut, berdasarkan hasil pemutakhiran data pemilih berkelanjutan pada bulan Mei 2022, jumlah pemilih di Natuna untuk pemilu 2024 sebanyak 53.451 jiwa. 

NATUNA, TRIBUNBATAM.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Natuna telah melakukan rekapitulasi Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan (PDPB) bulanan.

Ketua KPU Natuna, Junaidi Abdillah mengatakan, pemutakhiran data ini dilakukan secara berkelanjutan.

Tujuannya untuk membarui data pemilih, sehingga mempermudah proses pemutakhiran data dan penyusunan data pemilih pada pemilihan umum (Pemilu) 2024 mendatang.

"Kegiatan pemutakhiran data pemilih berkelanjutan dilaksanakan setiap bulan. Dengan ketentuan jumlah pemilih baru, jumlah pemilih tidak memenuhi syarat dan jumlah pemilih ubah data," kata Junaidi, Senin (20/6/2022).

Berdasarkan hasil pemutakhiran data pemilih berkelanjutan pada bulan Mei 2022, jumlah pemilih di Natuna 53.451 jiwa.

Jika dibandingkan dengan Data Pemilih Berkelanjutan (DPB) sebelumnya, jumlah pemilih berkurang sebanyak sembilan orang, jumlah DPB bulan April Sebanyak 53.459 jiwa.

"Pemutakhiran data pemilih berkelanjutan ini kami update setiap bulannya. Untuk bulan Juni rekapitulasi PDPB dilakukan minggu terakhir bulan ini," ucapnya.

Perkembangan data PDPB ini akan dilaporkan per tiga bulan kepada KPU Provinsi, KPU Pusat, Bawaslu, Kesbangpol dan Parpol.

Baca juga: Jelang Pemilu 2024, KPU Tanjungpinang Usulkan Anggaran Rp 38 Miliar

Baca juga: Syarat dan Cara Daftar Pemantau Pemilu 2024 ke Bawaslu Lingga 

Penurunan jumlah pemilih sebanyak sembilan orang itu diakibatkan adanya pemilih tidak memenuhi syarat, seperti meninggal dunia sebanyak 10 orang dan pindah keluar dua orang.

Sementara itu, pada Mei 2022 terdapat penambahan jumlah pemilih dari pemilih pemula sebanyak empat orang. (Tribunbatam.id/Muhammad Ilham)

Baca juga Berita Tribun Batam lainnya di Google

Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved