Breaking News:

KARIMUN TERKINI

Anggota Polres Karimun Musnahkan Ratusan Knalpot Racing Pakai Alat Berat

Gunakan alat berat, Polres Karimun memusnahkan ratusan knalpot racing hasil penindakan sejak 2020. Berikut dasar hukum larangan gunakan knalpot bising

Penulis: Yeni Hartati | Editor: Septyan Mulia Rohman
TribunBatam.id/Yeni Hartati
Polisi memusnahkan ratusan knalpot racing menggunakan alat berat di Mapolsek Kundur, Kabupaten Karimun, Rabu (22/6/2022). Knalpot racing yang dimusnahkan merupakan hasil penindakan sejak 2020. 

KARIMUN, TRIBUNBATAM.id - Polsek Kundur memusnahkan 135 knalpot racing.

Pemusnahan knalpot yang digilas menggunakan alat berat ini merupakan hasil penindakan tahun 2020 hingga 2022.

Rinciannya, 100 unit hasil penindakan Polsek Kundur.

Serta 35 sisanya merupakan hasil penindakan Polsek Kundur Barat.

Kapolsek Kundur Kompol Komaruddin mengatakan, pemusnahan knalpot racing ini bertujuan untuk memberi efek jera kepada pengendara yang menggunakan knalpot tidak sesuai dengan aturan yang berlaku.

"Penggunaan knalpot ini menganggu kenyamanan pengendara dan masyarakat, akibat suara yang ditimbulkan. Jadi harapannya kedepan tidak ada lagi kami temukan kendaraan ber knalpot racing," ujarnya, Rabu (22/6/2022).

Selain itu, pihaknya juga akan terus melakukan kegiatan penertiban terhadap kendaraan yang tidak sesuai standart, demi menciptakan situasi kenyaman dalam berlalu lintas.

"Kami imbau masyarakat untuk selalu taat dalam berlalu lintas, berprilaku di jalan dengan santun dengan menghargai pengendara lain dan tidak menimbulkan kebisingan dari modifikasi kendaraan," sebutnya.

Hadir dalam pemusnahan itu, Kapolsek Kundur Barat dan Utara AKP Sasmintoro, perwakilan Camat Kundur.

Kemudian Cabjari Tanjungbatu dan tokoh agama serta masyarakat.

KENALI Dasar Hukumnya

Penggunaan knalpot racing memang diatur dalam undang-undang.

Ketentuan itu diatur dalam Undang - Undang No 22 tahun 2009 tentang LLAJ, dan Peraturan Pemerintah (PP) No 80 tahun 2012 tentang Tata Cara Pemeriksaan Kendaraan Bermotor Di Jalan Dan Penindakan Pelanggaran Lalu Lintas Dan Angkutan Jalan.

Adapun mengenai ambang batas kebisingan kendaraan bermotor diatur dalam Peraturan Menteri Lingkungan Hidup No 7 tahun 2009 tentang ambang batas kebisingan kendaraan.

Halaman
12
Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved