Breaking News:

BATAM TERKINI

Ramai Kabar Larangan Pakai Sendal Jepit Saat Berkendara, Ini Penjelasan Dirlantas Polda Kepri 

Sejumlah warga Batam mengaku bingung terkait kabar larangan menggunakan sendal jepit saat berkendara. Ini penjelasan Dirlantas Polda Kepri.

TRIBUNBATAM.id/BERES LUMBANTOBING
Direktur Lalu Lintas Polda Kepri, AKBP Tri Yulianto menyebutkan larangan penggunaan sendal jepit saat berkendara hanya sebatas imbauan ke masyarakat. 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Sejumlah warga Batam mengaku bingung terkait kabar larangan menggunakan sendal jepit saat berkendara.  

Apalagi, aturan itu dikaitkan dengan faktor keselamatan mengemudi. 

Yang bikin makin bingung adalah, informasi terkait larangan penggunaan sendal jepit saat berkendara masih rancu dan belum disosialisasikan secara menyeluruh. 

“Dengar info-info di medsos saja larangan itu. Belum ada kota razia sandal jepit di lampu merah. Infonya masih nggak jelas,” tutur seorang warga Batam, Dirto, Jumat (24/6/2022).

Menurut Dirto seharusnya, larangan penggunaan sendal jepit saat berkendara dipertegas dengan aturan juga ada sanksi tegas terhadap pelanggar.

Menyikap hal tersebut, Direktur Lalu Lintas Polda Kepri, AKBP Tri Yulianto menyebutkan larangan penggunaan sendal jepit saat berkendara hanya sebatas imbauan ke masyarakat.

Baca juga: Menko Perekonomian Resmikan Masjid Tanjak, Airlangga Hartarto : Semoga Jadi Ikon Batam

Baca juga: Pastikan PPDB Lancar, Dewi Kumalasari Kunjungi SMK di Bintan

“Ini hanya sebatas imbauan. Tujuannya, untuk memproteksi diri agar nyaman dan aman saat berkendara,” ujar Dirlantas AKBP Tri, Jumat (24/6/2022). 

Menurut dia, aturan Kakorlantas Polri melarang penggunaan sendal jepit demi menjaga keselamatan pengendara.

Misalnya, kata dia jika terjadi kecelakaan atau hal hal yang tidak diinginkan, maka kaki yang langsung bersentuhan dengan aspal akan berbeda dengan menggunakan sepatu. Kaki akan lebih terlindungi. 

“Dalam hal ini tidak ada tilang, anggota di lapangan kita minta menyampaikan imbauan ini. Jadi ini hanya sebatas imbauan,” tuturnya.

Sebelumnya, Polisi telah merilis aturan terbaru yaitu melarang pengendara sepeda motor menggunakan sandal, terutama sandal jepit saat berkendara.

Kakorlantas Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi mengungkapkan, penggunaan sandal, terutama sandal jepit sebagai alas kaki saat berkendara tidak memberikan perlindungan maksimal bagi kaki pengendara. ( TRIBUNBATAM.id/Beres Lumbantobing)

 

Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved