Breaking News:

DISKOMINFO LINGGA

Pemkab Lingga Luncurkan Lima Aplikasi PPBE dan Sosialisasikan SP4N-LAPOR

Adapun lima aplikasi PPBE yang diluncurkan Pemkab Lingga yakni e-PPID, Sistem Informasi Desa, SIAP-e, Satu Data dan SIDAS

Penulis: Febriyuanda | Editor: Dewi Haryati
Dok. Diskominfo Lingga
Bupati Lingga, Muhammad Nizar memberikan sambutan saat kegiatan sosialisasi SP4N-LAPOR dan launching aplikasi Penyelenggaraan Pemerintah Berbasis Elektronik di Aula Kantor Bupati Lingga, Daik, Kamis (23/6/2022) 
LINGGA, TRIBUNBATAM.id - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Lingga, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) meluncurkan aplikasi Penyelenggaraan Pemerintah Berbasis Elektronik (PPBE) di Aula Kantor Bupati Lingga di Daik, Kamis (23/6/2022) lalu.
Peluncuran aplikasi ini diikuti dengan penandatanganan komitmen bersama pengelolaan pengaduan pelayanan publik di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Lingga.
Agenda Kamis itu juga disejalankan dengan Sosialisasi Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (SP4N LAPOR).
Kegiatan dibuka langsung oleh Bupati Lingga, Muhammad Nizar. 
Tak sendirian, Nizar meluncurkan lima aplikasi PPBE bersama Kepala Diskominfo Lingga, Izjumadillah, Ketua DPRD Lingga Ahmad Nashirudin, dan Kepala Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Kepulauan Riau, Lagat Parroha.
Adapun lima aplikasi PPBE yang diluncurkan, yakni e-PPID (Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi) Kabupaten Lingga, Sistem Informasi Desa Kabupaten Lingga, SIAP-e (Sistem Informasi Absensi Pegawai), Satu Data Kabupaten Lingga, dan SIDAS (Sistem Informasi Digital Administrasi Surat).
Dalam sambutannya, Bupati Lingga, Muhammad Nizar menyampaikan, kegiatan sosialisasi dan peluncuran aplikasi ini diadakan guna mendukung program pemerintah.
Hal itu sebagaimana tertuang dalam Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009, tentang Pelayanan Publik dan Penyelenggaraan Pemerintahan Berbasis Elektronik.
“Satu di antara pelayanan publik yang dibentuk oleh pemerintah untuk memaksimalkan tujuan good governance adalah SP4N-LAPOR," tutur Nizar.
Ia menjelaskan, SP4N-LAPOR tersebut sebagai layanan penyampaian semua aspirasi dan pengaduan rakyat secara online, yang terintegrasi dalam pengelolaan pengaduan secara berjenjang pada setiap penyelenggara pelayanan publik.
“Dalam mendukung Penyelenggaraan Pemerintahan Berbasis Elektronik, pada hari ini kami akan melaunching beberapa aplikasi, di antaranya Sistem e-PPID, Sistem Informasi Desa, Siap-E Android, Portal Satu Data Lingga dan Sidas Android," tambah Bupati Nizar.
Kegiatan ini juga dihadiri oleh Sekretaris Daerah (Sekda), Ketua TP PKK, Ketua DWP, Asisten, Tenaga Ahli Bupati, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Camat, Lurah dan Kepala Desa, Ketua Lembaga Adat Melayu Lingga (LAM) ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI), serta tokoh masyarakat di lingkungan Kabupaten Lingga. (TribunBatam.id/Febriyuanda)
Baca juga Berita Tribun Batam lainnya di Google
Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved