Breaking News:

KARIMUN TERKINI

Karimun Pertahankan Zona Hijau PMK, Satu Petugas untuk Satu Kandang Hewan Kurban

Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Karimun Sukrianto memastikan Karimun masih zona hijau PMK. Petugas pemeriksa hanya boleh masuk satu kandang

Penulis: Yeni Hartati | Editor: Dewi Haryati
tribunbatam.id/Yeni Hartati
Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Karimun, Sukrianto Jaya Putra sebut Karimun masih zona hijau PMK 

KARIMUN, TRIBUNBATAM.id - Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) telah tersebar di 232 kota dan kabupaten atau 21 provinsi di Indonesia.

Saat ini Kabupaten Karimun masih mempertahankan status zona hijau PMK.

"Kepri sudah masuk zona merah di Batam, untuk Karimun masih zona hijau," ujar Sukrianto Jaya Putra, Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Karimun, Rabu (6/7/2022).

Sukri menegaskan, pihaknya bekerjasama dengan instansi Stasiun Karantina Pertanian dan pihak lainnya berupa tetap mempertahankan status ini.

"Tim dari kami dan SKP terus bersinergi, turun langsung melakukan pengawasan terhadap hewan ternak di Karimun," ujarnya.

Baca juga: Bintan Pertahankan Zona Hijau PMK, Ratusan Hewan Kurban Diberi Barcode

Selain itu, petugas wajib mematuhi Standard Operating Procedure (SOP) saat melakukan pemeriksaan terhadap hewan ternak.

"Penyakit PMK ini disebabkan oleh virus yang bersifat merusak jaringan sel, dan bisa tertular melalui udara. Jadi satu petugas yang masuk dalam satu kandang, tidak diperbolehkan masuk di kandang berikutnya," ujarnya.

Dalam hal ini, virus PMK tidak dapat ditularkan melalui manusia. Melainkan menyerang hewan sapi, kambing, domba, dan hewan pemamah biak.

"Virus PMK tidak menular ke manusia atau bukan termasuk zoonosis. Jadi masyarakat tidak perlu takut, hanya bagi peternak perlu meningkatkan kewaspadaan," ujarnya.

Sementara itu, Karimun mendatangkan 75 ekor sapi dari Kabupaten Natuna untuk memenuhi kebutuhan hewan kurban di Karimun.

Halaman
12
Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved